Pemkab Mura Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir

0
10

PURUK CAHU, RADAR-X.net – Pasca Kebanjiran yang merendam sejumlah rumah warga 4 hari yang lalu, yang melanda di dua Kecamatan. Pemerintah Kabupaten Murung Raya, bergerak cepat turun ke desa memberikan pertolongan dan sekaligus memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir.

Penyaluran peket sembako tersebut, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, wilayah Kecamatan Murung dan Kecamatan Muara Laung Tuhup. Senin (6/9/2021).

Penyerahan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir, di Dua Kecamatan tersebut, secara lansung diserahkan oleh Bupati Murung Raya, Drs. Perdie M. Yoseph MA, didampingi kepala Dinas BPBD Murung Raya, Kariadi, kepala dinas kesehatan, dr. Suria Siri, Kasatpol PP dan Damkar, Iskandar serta Camat Setempat hingga aparat desa turut mendampingi.

Bupati Perdie menyampaikan, penyerahan bantuan paket sembako kepada warga yang mengalami pasca kebanjiran ini, tidak melihat mampu secara ekonomi atau tidak, oleh karena semua warga terdampak musibah banjir.

“Yang lebih utama pemerintah lakukan adalah pertolongan warga, itu yang lebih penting,” kata Perdie.

Baca Juga:  DPP-MPSU Bagi-bagi 120 Bingkisan Lebaran Serta Uang Tunai Ke Masyarakat Kurang Mampu

Menurut Perdie, semua masyarakat yang terdampak banjir di dua Kecamatan ini, tentu tidak bisa berbuat apa-apa.

“Maka untuk itu wajib kita memberikan pertolongan kepada warga, salah satu pertolongan kita memberikan bantuan sembako.” Ucap Perdie.

Pemerintah Kabupaten Murung Raya, saat turun ke desa memberikan pertolongan dan sekaligus memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir. (Foto:Aswadi)

Perdie menjelaskan, kemarin pada Senin, 6 September 2021, sudah beberapa titik ia tinjau dan sekaligus disalurkan bantuan sembako, kepada warga yang terdampak banjir. Diantaranya, Desa Juking Pajang dan Desa Bahitom hingga warga di Hungan di wilayah Kecamatan Murung.

“Kemudian pada hari Selasa 7 September 2021, kita bergeser melakukan peninjuan serta menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga, Desa Sompoi, Desa Bumban, Desa Tumbang Bahan, Desa laung l dan Desa laung ll, Desa Beras Belange, dan Desa Muara tuhup, Kecamatan Laung Tuhup, oleh karena sebagian besar desanya dikepung banjir,” beber Perdie.

“Bantuan yang salurkan kepada warga berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan termasuk peralatan bayi baru lahir berupa selimut, bantal, sabun mandi dan lainnya, oleh karena kita ketahui bahwa kondisi banjir ini, masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi kita harus mampu hadir ketika masyarakat membutuhkan pertolongan, bagi yang terdampak bencana banjir besar.” Jelas Perdie.

Baca Juga:  Menteri BUMN Rini Soemarno, Memberi Bantuan Warga Jember

“Semoga bantuan sembako yang kita berikan kepada warga ini bisa membatu bagi yang terdampak banjir. Selain itu, saya berharap kepada warga yang terdampak musibah banjir ini untuk bersabar,” Kata Perdie.

Sementara itu, kepala dinas BPBD Murung Raya, Kariadi juga saat dihubungi oleh awak media melalui pesan singkat WhatsApp, membenarkan, bahwa paket sembako sudah disalurkan kepada warga yang terdampak banjir sebanyak 200 paket, Khusunya di Kecamatan Murung.

Penyaluran bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir, Camat Murung, Fitrianul Fahriman, SP, M.S.i, dan Camat Muara laung Tuhup, Supriadi Usup, SH, mengapreasiasi langkah Pemkab Murung Raya, yang telah hadir ketika masyarakat membutuhkan bantuan untuk kebutuhan konsumsi selama banjir ini.

“Kami berterima kasih kepada Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph, dan Dinas BPBD Murung Raya, yang telah membantu warga yang terdampak banjir.” Ungkap Camat. (Aswadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.