Pekerjaan Embung Wanakaya Disinyalir Agregat Mutu Betonisasi Asal-asalan

0
119

INDRAMAYU, RADAR-X.net – Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Embung Wanakaya yang terletak di kecamatan Haurguelis Kabupaten Indramayu Jawa Barat, disinyalir agregat Mutu Betonisasi asal-asalan.

Pasalnya, Pembangunan yang menghabiskan anggaran APBN puluhan milyar diharapkan indikator memenuhi Kebutuhan Pangan untuk Masyarakat khususnya Desa Wanakaya Kabupaten Indramayu, dapat Melindungi areal Irigasi dari Kekeringan, yang melanda pada musim kemarau dapat memfungsikan saluran Sekunder, dan Tersier Irigasi.

Pantauan team radar-x beberapa minggu yang lalu nampak betonisasi terlihat mutu agregat yang asal-asalan diduga konsultan pengawas dan Team teknik Dinas BWWS dalam pekerjaan ini terkesan tutup mata.

Aktivis LSM KPK Nusantara Indramayu yang diketuai Agus di kediamannya Jl. Tembaga kabupaten Indramayu dalam komentarnya menyatakan, bahwa sesuai amanat Presiden Joko Widodo, pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia adalah merupakan ikhtiar pemerintah untuk mewujudkan sila kelima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pekerjaan beton yang saya ketahui di metode pelaksanaan teknis menggunakan k-175 – K125 dengan ada ketentuan masa hari penguatan Beton itu sendiri. Namun betonisasi dalam pelaksanaan itu menggunakan cara manual dikarenakan ekstremnya cuaca panas di Indramayu saat itu dikhawatirkan beton cepat

    sheting
Baca Juga:  Beredarnya Postingan 319 Media Yang Diduga Abal-abal Menuai Berbagai Kritikan

.

“Kalau menggunakan rady mix pabrikasi mengingat medan jarak tempuh yang jauh dan padat pemukiman mungkin jadi alasan kontraktor pemenang lelang,” kata Agus.

“Pekerjaan Beton yang ada pada analisa harga menggunakan rady mix K-175 sloum 12 beralih dengan menggunakan manual harus adanya persetujuan dari pihak pengawas Teknis dinas BWWS dan pengawas konsultan sehingga agregat bahan kasar dan Halus sesuai dengan aturan dalam Betonisasi tersebut,” tambah Agus.

Agus juga mengatakan, hasil laporan foto dan video dari team investigasi anggota LSM KPK Nusantara di lapangan, banyak ditemukan kejanggalan mutu beton yang terkesan amburadul dan pihaknya sudah melaporkan ke beberapa pihak-pihak pemangku kebijakan pemerintah. Namun belum ada tanggapan hingga saat ini.

“Dalam waktu dekat, kami akan berkirim surat Audensi ke gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sekaligus menjelaskan penyimpangan Mutu pekerjaan secara detail dan mekanisme adanya dugaan kuat pengaturan pemenang lelang dalam pengadaan barang dan jasa pembangunan Beberapa Embung di desa Wanakaya kabupaten Indramayu,” jelas Agus

Baca Juga:  LSM KPK Nusantara Klarifikasi Terkait Pungli PTSL Bira Barat Ternyata Tidak Benar

(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.