Update Terbaru 9 Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Tenggara

1
203

ACEH Tenggara, RADAR-X.net – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tenggara, Kembali menyebutkan penambahan terkonfirmasi positif Covid-19.

Informasi ini disampaikan Jubir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tenggara, Zul Fahmy saat konferensi pers kepada wartawan pada Selasa (25/5/2021) di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Agara.

Zul Fahmy menyebutkan terjadinya penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Tenggara, terhitung pada tanggal 22 Mei 2021 beberapa hari yang lalu terjadi 10 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan Swab PCR Balingkes Provinsi Aceh.

“Jumlah yang terkonfirmasi positif sampai hari ini tanggal 25 Mei 2021 berjumlah 168 kasus, yang dinyatakan sembuh 128 orang, yang meninggal dunia 23 orang, yang isolasi di rumah sakit umum Sahudin Kutacane 3 orang dan Isolasi Mandiri dengan pengawasan tenaga medis setempat 14 orang,” sebut Zul Fahmi.

Ia juga menjelaskan, dari instruk Bupati Aceh Tenggara nomor: 365/Instr/2021 yang wajib di patuhi, masih banyak ditemui pelanggaran Prokes oleh masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara, seperti pelaksanaan pesta dengan segala adat budaya yang ada di Agara. Bahwa Satuan Tugas (Satgas) Kecamatan yang terdiri dari Camat, Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas setempat di wajibkan untuk memastikan berjalananya instruksi Bupati Aceh Tenggara yang berlaku pada 22 Mei 2021.

Baca Juga:  Dua Anak Dibawah Umur Dituduh Positif Covid-19, Keluarga Geram

“Kita harus melakukan pembatasan untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes).” Tegas Zul Fahmy.

Pada Kesempatan yang sama, Kabid P2P Dinas Kesehatan Agara Jefri, SKM memaparkan dari laporan hasil pemeriksaan Swab dengan menggunakan laboratorium PCR dari Balitbangkes Aceh, yang dikirim pada 19 Mei 2021 dan di terima pada 24 Mei 2021 dari 12 Sempel yang dikirim, 9 dinyatakan terkonfirmasi positif dan 3 yang negatif.

Nama 9 orang yang dinyatakan positif yaitu, berinisial B (57) Desa Kisam Gabungan Kecamatan Lawe Sumur, H (51) Desa Biakmoli Panteraja Kecamatan Bambel, MI (32) Desa Seri Muda Kecamatan Darul Hasanah, HB (61) Desa Pulo Sepang Kecamatan Lawe Alas, TIA (35) Unity Baiturahman Banda Aceh, UA (28) Desa Muara Baru Kecamatan Lawe Alas, TY (26) Desa Kuta Ujung Kecamatan Darul Hasanah, A (57) Desa Kelapa Gading Kecamatan Bambel, M (40) Desa Perapat Hilir Kecamatan Babussalam, dari yang 9 terkonfirmasi positif, 1 atas nama A (57) Desa Kelapa Gading Kecamatan Bambel, sudah meninggal dunia tadi pagi. Terangnya.

Baca Juga:  Kadinkes Aceh: Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker

“Yang sudah terkonfirmasi positif yang isolasi mandiri, dari Dinas Kesehatan selalu kita pantau, kita sudah membentuk tim masing-masing Puskesmas langsung di tracking terhadap keluarganya, dan kita juga bekerjasama dengan Babinsa, polisi dan camat, apabila setelah 14 hari maka kita ambil lagi Sempel Rapidtest Antigennya sampai keluarkan hasil positif atau negatif.” Ucap Jefri.

Sementar itu, Kalaksa BPBD Agara, Nazmi Desky mengatakan, pada pagi tadi Forkompinda mengadakan Vidcom yang langsung dipimpin oleh Gubernur Aceh, Kapolda dan Pangdam, dengan arahan meminta agar melaksanakan 3T (Testing, Tracing, Treatment) secara agresif, melakukan Prokes benar-benar di perketat, dengan adanya posko satgas Covid-19 di desa, maka kedepan kami akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan bagaimana memastikan semua arahan gubernur ini agar berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Nazmi mengatakan, sesuai dengan surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nasional tentang Perpanjangan peniadaan mudik, untuk pos perbatasan Lawe pakam yang selesai pada 24 Mei 2021 di perpanjang sampai 31 Mei 2021.

“Kami memohon kepada seluruh masyarakat yang memasuki atau yang mau keluar Aceh Tenggara, agar menyiapkan surat bebas negatif rapidtest antigen, surat Rapidtest Antigen berlaku 3×24 jam, apabila lebih dari itu, maka wajib mengurusnya lagi. Jelasnya.

Baca Juga:  Lawan Peredaran Narkoba Dalam Lapas, Petugas dan Warga Binaan di Test Urine

Dalam Konferensi Pers di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Agara dihadiri, Kalaksa BPBD Nazmi Desky, Jubir Satgas sekaligus Kadis Kominfo Zul Fahmy, Direktur RSUD Sahudin Kutacane Dr. Haji Ifradin, S.PB, Kabid P2P Jefri, SKM, Kabid Pelayanan Medis RSUD Sahudin Kutacane Dr. Mardiana, Kasi Pelayanan Khusus RSUD Sahudin Kutacane Dr. Vagina Suri. (RH)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.