TP-PKK Bekerjasama dengan Dinas Perikanan Batu Bara Gelar Lomba Masak Ikan Gembung

0
32

BATU BARA, RADAR-X.net – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara menggelar lomba masak ikan gembung.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Jln Lintas Prupuk Desa Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir. Selasa (19/10/2021)

Dalam kesempatan itu Ketua TP PKK kabupaten Batu Bara Ny Maya dalam sambutannya mengatakan, Tim Penggerak PKK memiliki peranan penting untuk memerangi angka Stunting dengan cara mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan kepada masyarakat khususnya ibu hamil dan anak-anak.

Lanjut Maya menjelaskan, “Ikan mengandung Omega 3 yang tinggi sehingga berperan penting mendukung program peningkatan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan dalam rangka pembentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan berdaya saing, “ ujarnya.

Maya juga menyampaikan, melalui kegiatan lomba masak ikan, kita berharap dapat memotivasi masyarakat menciptakan kreasi-kreasi menu berbahan baku ikan, serta menyebarluaskan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

Baca Juga:  Muarif: Sedikit Atau Banyaknya Bantuan Sosial Bisa Bermanfaat Untuk Masyarakat

Dikatakannya, sebagaimana kita ketahui bersama isu Stunting menjadi hal serius yang harus kita antisipasi bersama. Hal ini sangat penting karena Stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas SDM generasi penerus bangsa.

“Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, sehingga pertumbuhan anak terhambat penyebabnya antara lain praktik pengasuhan yang tidak baik. Terbatasnya pelayanan kesehatan dan kurangnya akses air bersih dan sanitasi,“ jelas Ny Maya.

Dikatakannya, peningkatan konsumsi ikan memegang peranan penting dalam peningkatan status gizi masyarakat dan kualitas SDM di sisi lain. Peningkatan konsumsi ikan juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya ekonomi para nelayan pembudidaya.

Sebelumnya Plt kepala Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Antoni Ritonga SP di Wakili Kepala Bidang (Kabid) BudiDaya M Sahlan S. SI, Dalam sambutannya mengatakan, kabupaten Batu Bara memiliki potensi Sumber Daya Ikan (SDI) yang besar, sehingga diharapkan kita mampu memanfaatkannya dengan baik untuk mendorong perluasan usaha Sumber Pendapatan Masyarakat (SPM) kabupaten Batu Bara.

“Upaya -upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat terus dilakukan oleh Dinas Perikanan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan),“ ujarnya.

Baca Juga:  Rangkaian Acara Munas II ASPEKSINDO TP-PKK Kab. Batu Bara Raih Juara 2 Kategori Paduan Suara

Dalam rangka gerakan memasyarakatkan makan ikan, Dinas Perikanan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK kabupaten Batu Bara menyelenggarakan lomba masak ikan tingkat kabupaten Batu Bara Tahun 2021 dengan tema “Ayo Makan Ikan, Tingkatkan Imunitas, Lawan COVID-19 dan Cegah Stunting”.

Lomba masak ikan bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan.

Memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas. Mendukung pemanfaatan Sumber Daya Ikan dan kesejahteraan nelayan. Meningkatkan konsumsi ikan lokal masyarakat kabupaten Batu Bara.

Sementara itu, berdasarkan keputusan Dewan juri dalam lomba masak ikan yang diselenggarakan oleh TP PKK bersama Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara, keluar sebagai juara I kecamatan Tanjung Tiram. Juara II kecamatan Lima Puluh. Juara III kecamatan Datuk Lima Puluh.

Kegiatan dihadiri Ketua TP PKK kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir, Kepala Dinas Perikanan Antoni Ritonga SP di Wakili Kepala Bidang (Kabid) Budidaya M Sahlan S SI, Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Perikanan Ibu Ainim Antoni, Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan Se-kabupaten Batu Bara,para Camat Se-kabupaten Batu Bara. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.