Lsm KPK Nusantara Angkat Bicara Adanya Pungutan Di Salah Satu SDN

0
125

INDRAMAYU, RADAR-X.net – Kasus dugaan Pungutan Liar (Pungli) di Sekolah Dasar Negeri Karang Mulya, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, menjadi satu dari sekian banyak potret buram dunia pendidikan di tanah air.

Pasalnya, lebih miris lagi dugaan Pungutan Liar (Pungli) terjadi disaat masyarakat sedang kesulitan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

Keluhan bermula muncul dari salah satu orang tua murid kelas VI, yang enggan namanya di publikasikan, merasa keberatan dengan adanya pungutan sebesar Rp. 500.000,- per siswa kelas VI.

“Saya sangat keberatan, karena ekonomi sedang sulit, tapi harus bagaimana lagi, saya khawatir ijazah anak saya dipersulit keluarnya, kalau tidak segera dibayar, tapi sudah saya bayar.” Ujar wali murid. Rabu (16/06/21).

Saat di jumpai radar-x.net mengenai dugaan pungli itu, Tarsuni, S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah SDN Karang Mulya memberikan penjelasan dan membenarkan adanya pungutan itu.

“Betul, memang ada pungutan tersebut, tapi sudah ada persetujuan dari orang tua murid melalui rapat disaksikan oleh Komite.” Jawab Tarsuni.

Baca Juga:  Kecam Tindakan Kekerasan, Sebagian Toko Di Pamekasan Boikot Produk Israel

Saat awak media mempertanyakan bahwa hal itu bertentangan dengan UUD 1945, Pasal 31 dan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dirinya mengaku memang menabrak rambu-rambu perundang-undangan.

“Kalau dinyatakan menabrak, jelas iya. Tapi kan saya punya alasan, kalau mengikuti aturan saja (UU-red), itu prosesnya lama (Kucuran dana dari pemerintah-red).
“Maka saya selaku Pimpinan (Kepsek-red), ambil jalan keluar,” jelas Tarsuni.

Ditempat terpisah, awak media juga mengkonfirmasi salah satu pemerhati Pendidikan di wilayah Kabupaten Indramayu, yang juga adalah Ketua DPC LSM KPK (Komunitas Pemantau Korupsi) Nusantara, Agus Suherman, dirinya merasa cukup tercengang dengan adanya dugaan pungli yang terjadi di SDN Karang Mulya.

“Saya langsung konfirmasi Kepala Dinas Pendidikan pada saat dapat kabar adanya Pungli dan jawaban beliau akan memanggil Kepala Sekolah SDN Karang Mulya.

Selain itu, Agus mengatakan, Edukasi dalam bidang pendidikan sepertinya tidak jauh dari ranah Pungli.

“Saya akan perintahkan anggota PAC LSM KPK Nusantara yang berada di setiap Kecamatan Kabupaten Indramayu untuk turun ke bawah menulusuri adanya dugaan pungli khususnya di dunia Pendidikan.” Ujar Agus geram.

Baca Juga:  Marhaban Ya Ramadhan, LSM KPK Nusantara DPC Indramayu Adakan Konsolidasi dan Silaturahmi

Agus juga akan menindaklanjuti ke ranah hukum, dengan melaporkan temuan-temuan yang terindikasi adanya dugaan pungli.

“Apabila ada temuan lagi, dan cukup bukti adanya dugaan praktek pungli di sekolah, maka akan saya laporkan ke APH (Aparat Penegak Hukum).” Pungkas Agus.

(Her/Nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.