Kades Somber: Umat Muslim Harus Tau Sejarah Tahun Baru Islam

0
109

SAMPANG, RADAR-X.net – Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru islam adalah hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam.

Dalam memperingati tahun baru Hijriyah 1443 ini, Pemerintah Desa Somber melalui H. Darwis Kepala Desa Somber Kecamatan Tambelangan kabupaten Sampang Madura hanya bisa mengucapkan selamat tahun baru Islam.

“Karena pada prinsipnya selalu merayakan dan menyambut tahun baru Islam dengan sebuah kegiatan, termasuk termasuk tasyakuran, namun karena kondisi masih pandemi Covid-19, maka segala kegiatan ditiadakan karena akan berpotensi menimbulkan kerumunan.” Ungkap H. Darwis

H. Darwis menceritakan, dahulu orang-orang Yahudi sangat mengagumkan Nabi Musa, maka mereka mulai penanggalannya dari zaman kenabiannya. Orang-orang Nasrani sangat mengagumi kelahiran Nabi Isa. Sedangkan kaum muslimin mengagungkan Nabi Muhammad, tentu sudah sewajarnya jika mereka memulai tarikhnya sejak hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

“Untuk pergantian tahun baru Islam 1443 Hijriyah yang jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021, pemerintah desa Somber beserta perangkat desa Somber mengucapkan selamat tahun baru Islam.” Tutur H. Darwis

Baca Juga:  30 September Alun-alun Jember Dipadati Warga

“Hijrah merupakan peristiwa penting dalam perkembangan Islam, karena dengan kepindahan inilah Rasulullah SAW bisa membentuk masyarakat muslim. Sebelum menggunakan kalender Hijriah, muslim merujuk pada peristiwa penting untuk menandai momen bersejarah.” Lanjutnya

“Dengan sedikit cerita singkat ini, semoga kita semua mendapatkan berkah tahun baru Islam (1443 H), dengan catatan semoga ditahun baru ini, kita semua lebih mudah dalam segala urusan dan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.” Harap H Darwis.

Terakhir H. Darwis mengucapkan, sekali lagi. kami atas nama keluarga besar pemerintah desa Somber kecamatan Tambelangan kabupaten Sampang Madura Jawa Timur mengucapkan “SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1443 H”. (MK/TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.