Dimasa Pandemi, Petani Tembakau Di Sampang Mulai Tersenyum

0
45

SAMPANG, RADAR-X.net – Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada masyarakat dan terhadap beberapa sektor di kabupaten Sampang Madura Jawa Timur, tak terlepas pada perputaran perekonomian masyarakat.

Pasalnya, selain merongrong pada kesehatan hingga merenggut nyawa warga, wabah Covid-19 juga merampas kesejahteraan dan perekonomian.

Kendati demikian, bagi para petani tembakau di kabupaten Sampang sudah mulai tersenyum lebar, karena lahan yang selama ini mereka kerjakan dan bibit tembakau yang dirawat sudah mulai memberikan harapan meski masih belum waktunya panen. Minggu (01/08/2021)

Berdasarkan penelusuran awak media radar-x di lapangan, beberapa lahan tembakau milik petani terlihat segar, berdaun hijau dan bergagang besar.

Hanafi salah satu petani tembakau asal desa Plampa’an Kecamatan Camplong Sampang, saat ditemui di tempat kerjanya mengatakan bahwa, sebelumnya ia sempat khawatir panennya akan gagal karena cuaca yang kurang mendukung.

“Sempat khawatir mas..! Karena saat kita menanam bibit tembakau hingga selesai dan tinggal perawatannya, kemudian hujan turun yang terus-terusan, bahkan sampai ada dari sebagian bibit lepas dari jambangnya.” Kata Hanafi

Baca Juga:  Manfaatkan Lahan Kosong, Danramil Tenggarang Tanam Cabe

“Alhamdulillah, meski sempat mengalami kendala dalam perawatannya, sampai saat ini hasilnya masih tetap bagus, dan saya yakin untuk tahun ini para petani tembau akan tersenyum karena dipastikan lebih bagus daripada tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Hanafi

Senada diungkapkan oleh salah satu petani asal kecamatan Omben, bahwa dirinya untuk tahun ini menanam lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini kami sengaja menanam bibit tembakau lebih banyak, karena kami yakin bahwa harga tembakau akan tinggi di pasaran lokal,” ungkap petani. (MK/TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.