BPBD Agara Bersama TNI/Polri Serta Masyarakat Benahi Dampak Bencana Banjir Bandang

0
1
BPBD Aceh Tenggara dibantu TNI/Polri serta masyarakat, membersihkan gelondongan kayu sisa banjir bandang. (Foto:Riko)

ACEH TENGGARA, RADAR-X.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara bersama TNI/Polri serta masyarakat, mulai melakukan pembenahan dampak setelah bencana banjir bandang di sejumlah titik yang terjadi beberapa waktu lalu di Bumi Sepakat Segenep.

Pembenahan kali ini, membersihkan normalisasi saluran irigasi dari gelondongan kayu sisa banjir bandang yang terjadi beberapa bulan lalu, di desa Lumban Cormin Kecamatan Deleng Pokhkisen, Rabu (30/6/2021).

Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Nazmi Desky mengatakan, pihaknya mulai melakukan pembenahan dan normalisasi irigasi lokasi dampak bencana paska banjir bandang, yang terjadi di Kecamatan Deleng Pokhkisen beberapa bulan lalu.

“Penanganan banjir yang dilakukan BPBD Aceh Tenggara diantaranya menormalkan kembali aliran sungai di Desa Lumban Comin yang tertimbun material batu dan kayu gelondongan yang terbawa arus saat terjadinya banjir bandang pada Mei lalu,” kata Nazmi.

Nazmi Desky juga menyebutkan, dalam penanggulangan dampak banjir tersebut pihaknya juga akan meluruskan aliran sungai Kali Bulan dan menormalisasikan sungai Lawe Harum di Deleng Phokhkisen. Yang mana aliran sungai tersebut merupakan kebutuhan utama warga setempat untuk mengaliri air kolam dan persawahan mereka.

Baca Juga:  Bhabinkamtibmas Bantu Masak di Posko Dapur Umum Terdampak Banjir Rob

“Akibat banjir yang terjadi, aliran sungai lawe harum sudah berpindah jalur dan memakan kebun warga yang dekat dengan sungai, jadi kita luruskan kembali jalur semula,” jelas Nazmi.

Nazmi Desky juga berharap bagi masyarakat dan Oknum yang tidak bertanggung jawab supaya tidak lagi melakukan ilegal logging di Area hutan yang mengakibatkan terjadinya banjir bandang yang membawa material batu Besar dan kayu gelondongan.

“Stop ilegal logging, sayangi hutan sayangi alam, kita jaga alam, alam jaga kita,” Ujar Kalaksa BPBD Agara.

Sementara itu, Camat Deleng Pokhkisen Zainul Arifin mengatakan, pihaknya sangat senang dan berharap penanggulangan banjir dan normalisasi irigasi yang dilakukan oleh BPBD Aceh Tenggara yang dibantu TNI/Polri serta masyarakat, dilaksanakan dengan baik dan efisien.

“Saya berharap dengan adanya pembenahan dampak bencana banjir bandang ini, kebutuhan air untuk petani khususnya Kecamatan Deleng Pokhisen kembali terpenuhi,” Pungkas Zainul. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.