Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis, AJIB Gelar Kajian Kode Etik Jurnalistik

0
12

BONDOWOSO, RADAR-X.net – Aliansi Jurnalis Independen Bondowoso (AJIB) menggelar pertemuan rutin dalam rangka meningkatkan profesionalisme para jurnalis yang tergabung di AJIB, berlangsung di desa Botolinggo, Kecamatan Botolinggo, Sabtu (16/10/2021).

Ketua AJIB Arik Kurniawan dalam pertemuan itu mengatakan, jurnalis Profesionalisme dalam mencari berita memperhatikan kedisiplinan dalam bekerja, mengikuti aturan-aturan yang sesuai dengan standar pembuatan berita, dan menerapkan kode etik jurnalistik penulisan berita agar yang dihasilkan tidak menyalahi aturan kode etik jurnalistik.

“Profesionalisme ditandai dengan kualiti rasa bangga akan profesi yang dipegangnya. Dalam hal ini diharapkan agar rekan-rekan yang tergabung di AJIB memiliki rasa bangga dan percaya diri akan profesinya sebagai wartawan,” terang Arik.

Oleh karena itu, AJIB sebagai wadah para wartawan Bondowoso itu terus melakukan kajian-kajian dan diskusi dalam mengurai hakekat pers yang sesungguhnya.

“Pertemuan rutinan ini juga sebagai perakat silaturrahmi antara rekan-rekan AJIB, agar tetap terjalin solidaritas,” jelasnya.

Sementara itu, Pengawas AJIB Imam Imron menambahkan, bahwa AJIB dibentuk  sebagai wujud dari kekompakan para media yang berfungsi sebagai kontrol sosial.

Baca Juga:  Imam Imron Ketua DPC LSM-GEPAR Sangat Menyayangkan Adanya Pergerakan Massa Kerumah Edi Siroto

Imam menegaskan, dalam melaksanakan kerja sebagai wartawan, tak jarang di lapangan kerap diisukan sebagai pencari kesalahan.

“Nah, hal itulah yang akan kita luruskan, bahwa kita sebagai wartawan memang sudah kerjanya mencari berita, bukan mencari salah,” ungkap Imam.

Menurut Imam, apapun bentuk temuan di lapangan harus diliput, asal seimbang, obyektif dan bisa dipertanggungjawabkan.

“AJIB terus mengasah para jurnalis, untuk menjadi jurnalis yang profesional, bermartabat, serta tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, agar berita yang disajikan ke masyarakat bisa bermanfaat,” pungkas Imam.

(Tim/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.