Sosialisasi DBHCHT di Pademawu, Pentingnya Cukai Rokok Untuk Kesejahteraan Masyarakat

0
7
Kegiatan Sosialisasi DBHCHT di kecamatan Pademawu, Pamekasan Madura. (Foto:Hol)

PAMEKASAN, RADAR-X.net – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, melanjutkan kegiatan sosialisasi DBHCHT,
kali ini di wilayah kecamatan Pademawu.

Kegiatan sosialisasi tentang cukai rokok ini berjalan secara maraton di 13 kecamatan di Pamekasan dengan 126 desa. Kegiatan ini dihadiri oleh lima perwakilan desa yang telah diatur panitia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pamekasan Ach Faisol mengatakan, peserta kegiatan wajib menyampaikan kepada warga lain tentang cukai rokok dan dampak mudaratnya rokok ilegal. Ia meminta semua peserta harus satu pemahaman. Sehingga untuk memahami dapat dicerna dengan baik.

“Semua informasi terkait cukai dan manfaatnya bagi masyarakat harus disampaikan dengan baik ke masyarakat. Sehingga, pendapatan cukai negara akan lebih baik dan bermanfaat untuk daerah,” terang Faisol.

Di sisi lain, Camat Pademawu Mohammad Farid menyampaikan urgensinya kegiatan sosialisasi yang harus diketahui masyarakat. Selain itu untuk mengantisipasi beredarnya rokok ilegal.

Menurutnya, fungsi cukai rokok penting untuk kesejahteraan masyarakat. Sebab sebagian dari hasil cukai diberikan kembali dengan tujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Sub Divre Bulog Bondowoso Lakukan Oprasi Pasar

“Sehingga sangat berhubungan antara pendapatan cukai negara dari rokok tersebut dengan pembangunan nasional yang dilakukan oleh pemerintah,” terang Farid.

Di berita sebelumnya, Tim Fungsional Bea Cukai Madura Tesar Pratama mengatakan, masyarakat desa perlu diberi pemahaman tentang manfaat rokok legal dan ilegal. Sebab hal tersebut akan berdampak pada tingginya pendapatan cukai kepada masyarakat.

“Semakin peredaran rokok ilegal dicegah, maka pendapatan cukai kepada masyarakat akan lebih dirasakan,” kata Tesar.

Masing-masing desa yang ikut kegiatan sosialisasi di Desa Dasok, di antaranya Desa Sumedangan, Baddurih, Buddagan, Pademawu Timur, Bunder, Dasok, dan Durbuk. Sedangkan desa yang ikut kegiatan sosialisasi di Desa Jarin, di antaranya Desa Jarin, Lemper, Majungan, Murtajih, Padelegan, Buddih, dan Pegagan (Hol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.