Sandiaga Uno: Aplikasi Jobseeker dan Virtual Job Salah Satu Solusi Kurangi Pengangguran Nasional

0
4

JAKARTA, RADAR-X.net – Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan perekonomian Nasional. Salah satu imbas dari pandemi adalah tingkat pengangguran terbuka (TPT) meningkat tajam.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, TPT pada tahun 2020 mencapai 10 juta orang. Sementara dampak pandemi Covid-19 terhadap penduduk usia kerja dirasakan oleh hampir 30 juta orang se-Indonesia.

Sebuah aplikasi yang akan membantu para pencari kerja diluncurkan oleh anak bangsa, Chandra Ming. Aplikasi bernama jobseeker.app ini memudahkan pencari kerja dan perusahaan sehingga mengurangi TPT.

“Ini aplikasi yang dibuat anak bangsa. Nantinya akan membantu para angkata kerja dengan klasifikasi blue colour, pink colour, dan grey colour,” kata Chandra, CEO jobseeker.app dalam zoom meeting, Senin (8/11/2021).

Ia berharap, aplikasi ini bisa membantu banyak orang dengan kemudahan yang ditawarkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, aplikasi jobseeker menjadi salah satu solusi dan akselerator berbasis teknologi digital.

“Mempertemukan permintaan (demand) sektor usaha yang mulai bangkit kembali dengan ketersediaan tenaga kerja (supply) khususnya para pencari kerja,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga:  Dispora Adakan Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Banyuwangi

Ia berharap, sumber daya manusia (SDM) di Indonesia tidak hanya pasif sebagai pencari kerja, namun juga aktif membuka lapangan kerja melalui peluang yang ada. Proses pemenuhan kebutuhan tenaga kerja bagi sektor usaha melalui pencari kerja menjadi salah satu komponen yang perlu didorong.

Penasihat Jobseekeer.app, Gita Wirjawan menjelaskan, human capital nantinya bisa menjadi bekal untuk masa depan. Perlunya adaptasi digitalisasi atau adaptasi apapun agar nantinya bisa lebih relevan. Sektor yang perlu terdistruksi seperti pertanian, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan.

Sementara itu Helmy Yahya, Penasihat Jobseeker.app optimistis aplikasi ini bisa menjadi aplikasi yang mendunia. Kedepannya aplikasi diharapkan bisa menjadi unicorn atau decacorn untuk di masa yang akan datang.

(Luk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.