Posko COVID-19 Terpadu PPKM Desa Mekarwaru Mulai Diaktifkan

0
34

INDRAMAYU, RADAR-X.net – Pemerintah desa Mekarwaru mulai mengaktifkan posko terpadu Covid-19 PPKM Desa di setiap Dusun dan RT/RW.

Hal ini dilakukan oleh Camat Gantar dan Pemdes Mekarwaru, ditindaklanjuti oleh Panitia Pilwu untuk menghadirkan para Calon Kuwu, yang ada di desa Mekarwaru, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Camat Gantar Drs. Edy Wahyono menyampaikan program 100 hari bupati Indramayu, salah satunya adalah untuk mensosialisasikan PPKM Covid-19 di tiap desa. Rabu (05/05/21).

Selain itu, lanjut Edy Wahyono mengatakan pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan adalah guna memutus mata rantai Covid-19 di desa-desa.

“Maka dari itu marilah Patuhi Protokol Kesehatan diantaranya menjalankan pola hidup sehat, memakai masker, sering cuci tangan serta hindari berkerumun karena sebentar lagi akan musim mudik lebaran. Desa kita akan kedatangan tamu dari kota siapa tahu mereka akan membawa klaster baru Covid-19 di masyarakat.” Ucap Edy.

Edy menjelaskan, Kegiatan pembukaan Posko terpadu Covid-19 di tiap RW dan Dusun, dalam rangka peningkatan pengawasan masuknya klaster baru di musim mudik lebaran tahun ini. Posko terpadu secara simbolis oleh Bendahara Desa Mekarwaru Edi Sukandi kepada Kepala Posko Terpadu Covid-19 di Blok Sukatani 2 Ibu Rina dengan menyerahkan perlengkapan Posko tersebut .

Baca Juga:  Kurangnya Kesadaran Masyarakat Akan Protokol Kesehatan, Muspika Tarumajaya Gelar Razia Masker

Di tambahkan juga Sekertaris Desa Mekarwaru Surdani S.Pd mengatakan bahwa posko terpadu di tiap RT/RW, satu Dusun ada 4 posko terpadu yang semuanya di pinggir jalan raya dan ditambah Posko terpadu induk yang berada di kantor Desa Mekarwaru.

“Posko yang dilengkapi oleh Fasilitas Kesehatan yang sudah tentukan oleh Prokes Covid-19, diantaranya tempat cuci tangan, Disinfektan, sanitaijer, pengecekan suhu tubuh (Termogen) satu stel baju hasmat, dua stel kaos seragam, masker, tissu, dan sarung tangan, untuk tempat isolasi sendiri adanya di Posko Induk di kantor Desa.” Ujar Surdani.

Pemdes Mekarwaru juga mengimbau kepada masyarakat bahwa Covid-19 masih ada, maka dari pada itu mari kita jalankan pola hidup sehat dan khususnya kepada petugas Posko apa bila ada yang pulang dari kota segera di data dan di cek suhu tubuhnya serta segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan Desa yang ada.

Kegiatan pembukaan posko terpadu dihadiri pihak keamanan Babinsa dan Bhabinkantibmas yang selalu setia mendampingi kegiatan Pemdes Mekarwaru, khususnya tentang Prokes. (Sur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.