Bangunan Guest House Diduga Melanggar IMB Kinerja Citata Cempaka Putih Dipertanyakan

0

JAKARTA, radar-x.net – Sebuah bangunan raksasa Project Guest House di Jl. Cempaka Putih Tengah no 53 RT.001/RW.008 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka putih, Jakarta pusat diduga melanggar ketentuan Peraturan Daerah DKI Jakarta No 7 Tahun 2010 Tentang Bangunan dan Gedung dan Peraturan Daerah No 3 Tahun 2012 Tentang Retrebusi Daerah.

Dari pantauan di lokasi terpampang izin 3 Lantai + Basment. Namun pada faktanya bangunan tersebut tegak berdiri 4 lantai. Selain itu bangunan tersebut juga diduga kuat melanggar KDB Koefisien dasar bangunan dan ruang bebas terbuka.

R. Ainuryatin, Aktivis Anti Korupsi saat melakukan investigasi ke lokasi mengatakan, sudah selayaknya pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta pusat atau suku dinas Cipta Karya dan Tata Ruang untuk melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku pembangunan yang di duga melanggar peraturan itu.

Baca juga: Bangunan Guest House Diduga Melanggar IMB Kinerja Citata Cempaka Putih Dipertanyakan

“Dalam hal ini Suku Dinas Citata atau pun pihak Citata Kecamatan Cempaka putih harus melakukan tindakan tegas terhadap pelaku pembangunan yang diduga melanggar ini. Selain merusak lingkungan juga merugikan negara. Karena sangat jelas dan kasat mata dari izin yang terpasang itu 3 lantai, tapi nyatanya mau naik dan sudah cor fisik 4 lantai sudah naik,” ucapnya, Kamis (3/12/2020)

Lebih lanjut R. Ainuryatin menjelaskan, dalam hal ini Suku Dinas Cipta Karya Jakarta Pusat atau Kecamatan Cempaka Putih diminta untuk segera melakukan tindakan penyegelan dan membongkar bangunan yang diduga kuat melanggar ketentuan itu. “Kalau tidak hal ini akan menimbulkan presepsi buruk di mata masayarakat. Karena telah membiarkan pelangaran itu terjadi semena mena mengangkangi peraturan daerah,” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya akan melaporkan kepada pihak terkait mengirimkan surat secara resmi kepada Gubernur DKI Jakarta Suku Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Jakarta Pusat dan Inspektorat Jakarta Pusat Serta Kejaksaan Negri Jakarta pusat.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melaporkan kepada aparat pemerintahan terkait agar di lakukan tindakan yang tegas terhadap pelaku pembangunan yang di duga melanggar tersebut,” ucapnya.

Kepala seksie (Kasie) Citata Kecamatan Cempaka Putih saat hendak di konfirmasi terkait bangunan yang melanggar tersebut, sangat di sayangkan dia sedang tidak berada di tempat. Hingga berita ini diturunkan belum ada klarifikasi dari pihak terkait. (Fh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.