Tingkatkan Literasi, IMM (T-7) Sampang Hearing Dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah

0
58

SAMPANG, RADAR-X.net – Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan.

Penanaman literasi sedini mungkin harus disadari karena menjadi modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. Salah satu permasalahan yang dihadapi Kabupaten Sampang saat ini yaitu rendahnya penguasaan literasi sehingga menjadi salah satu indikator rendahnya IPM di kabupaten Sampang.

Seperti anggapan yang disampaikan salah satu tokoh muda Heru Susanto. Menurutnya, budaya literasi sangat bermanfaat dalam mewujudkan peran generasi muda dalam aspek pembangunan suatu daerah. Karena generasi muda memiliki kepribadian unggul dan mampu memahami pengetahuan serta teknologi untuk bersaing secara lokal dan global.

Selain itu, generasi muda menjadi faktor penting karena memiliki semangat juang yang tinggi, solusi yang kreatif, dan inovatif.

Menurut ketua Forum Kajian Publik (FKP) Heru Susanto yang juga ketua Inovator Muda Mandiri (IMM T-7)) Sampang,  persoalan literasi tidak cukup hanya mengerakkan generasi muda untuk peduli literasi. Namun yang lebih penting adalah kepedulian serta keseriusan dari pemerintah daerah beserta para staekholder dalam pengembangan budaya literasi di kabupaten Sampang.

Baca Juga:  MWC NU Kecamatan Omben Membentuk Satgas Pencegahan Wabah Covid-19

Heru juga menegaskan pentingnya kehadiran pemerintah dalam upaya pengembangan budaya literasi di bumi Trunojoyo ini.

Masih menurut kak Heru, diyakini atau tidak bahwa literasi sangat berperan penting dalam membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu indikatornya adalah pendidikan, baik formal maupun nonformal yang identik dengan literasi.

Mengingat pentingnya membangkitkan budaya literasi di Sampang Heru beserta Timnya telah melakukan konsolidasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang, membahas pentingnya Peraturan Bupati dan juga berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa mengupayakan lahirnya Peraturan Bupati (Perbup) tentang Literasi di Kabupaten Sampang mengingat pemahaman tentang literasi tidak hanya pemahaman baca dan tulis saja.

Sudarmanto S.Sos, MH., kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Sampang, membenarkan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya menerima rombongan dari tim Inovator Muda Mandiri (T-7) Sampang dalam rangka konsolidasi atau hearing terkait perkembangan literasi dan salah satunya juga membahas rencana usulan Perbup tentang literasi.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi sekali terhadap kiprah dari teman-teman IMM (T-7) yang sangat peduli terhadap literasi, terkait usulan Perbup tentang literasi, Insyaallah dalam waktu dekat akan berkordinasi dengan Sekda dan juga Bupati selaku atasan kami. (Ver)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.