Pemuda Pancasila PAC Taman Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

- Penulis Berita

Minggu, 8 Oktober 2023 - 18:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SIDOARJO, RADAR-X.net – Pemuda Pancasila PAC Taman (SDA), Menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 Hijriah, bertempat di Puspa Agro, Jemundo (Taman). Sabtu (07/10/23).

Maulid Nabi adalah suatu perayaan atau peringatan yang biasa dilakukan oleh umat Islam untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi jatuh pada 12 Rabiul Awal. banyak kegiatan keagamaan yang biasa dilakukan untuk mengisi peringatan Maulid Nabi tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di berbagai negara pun peringatan Maulid Nabi ini berbeda-beda, tergantung dengan budaya dan tradisi masyarakat Islam di negara tersebut.

Di Indonesia, perayaan atau peringatan maulid Nabi sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan masyarakat Muslim di Indonesia pada umumnya.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sudah terasa di sejumlah tempat di Indonesia. Maulid Nabi dirayakan oleh umat Islam untuk mengingat, menghayati dan memuliakan kelahiran Rasulullah. Umat Islam dianjurkan untuk menyambut gembira anugerah dan rahmat Allah.

Perayaan Maulid Nabi ini yang baik, pelakunya mendapatkan pahala, sebab di dalamnya terdapat sisi-sisi mengagungkan derajat Nabi Muhammad SAW dan menampakkan kegembiraan dengan waktu dilahirkannya Rasulullah SAW.

Baca Juga:  Pemuda Pancasila Kolaborasi Dengan Beberapa Yayasan Meriahkan Maulid Nabi

Peringatan Maulid Nabi diisi dengan berdoa, ceramah, hingga pawai. Nah, acara dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, di berbagai negara pun peringatan Maulid Nabi ini berbeda-beda tergantung dengan budaya dan tradisi masyarakat Islam di negara tersebut.

Dengan tema kegiatan, Sepirit Maulid Nabi Muhammad SAW, menebar empati, memperkuat silaturahmi dan mewujudkan insan pengayom yang berakhlak.

Cak Ambon (Ketua PAC Taman (SDA) menyatakan, peringatan Maulid Nabi ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan rasa Mahabbah (Kecintaan) kita kepada Kanjeng Nabi serta meneladani akhlak serta perilaku Rosul untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Walau diselenggarakan secara sederhana semoga tidak mengurangi makna dan hikmah dari peringatan Maulid Nabi ini. Merujuk pada tema yang diusung pada Peringatan ini menggambarkan bahwa mensyukuri lebih indah dilakukan daripada menggali perbedaan,” ujar cak Ambon

Hadir pada kesempatan tersebut, kapolsek Taman (Sidoarjo), Danramel Taman (Sidoarjo), Camat Taman, Kepala Desa Jemundo, Komandan Koti Pemuda Pancasila MPC Sidoarjo, Wadan Koti MPC Sidoarjo.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Sapi Di Sampang Masih Stabil

Sinar wajahnya terpancar, nada suaranya berayun – ayun saat melantunkan shalawat serta tutur katanya cenderung lembut tidak meledak seperti petir. Senyumnya selalu ditebar kepada siapapun yang bertatap muka dengan beliau Dialah Habib Alwi Faris Al Magrabi, dikenal dengan sosok habib milenial yang dekat dengan para pemuda di Sidoarjo. Ia berdakwah lewat Shalawat.

Selain memiliki paras wajah ganteng, ia juga mempunyai suara emas. Enak didengar serta mampu mengajak para jemaah untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW sambil diiringi tabuhan indah group hadrah.

Tidak hanya itu, ia juga sebagai santri aktif yang Hafizd Al Quran di Pondok Pesantren Walisongo, Mimbaan asuhan KHR Muhammad Kholil Asad.

Habib Alwi, begitu panggilan akrabnya, sebagai nasyid atau pembawa lagu religi dan shalawat di Majelis Shalawat Syabab. Majelis Shalawat Syabab sendiri merupakan wadah kaum milenial di Sidoarjo, yang konsisten mengajak para pemuda untuk selalu memegang teguh ajaran agama dari para ulama dan Kyai juga mengajak untuk mencintai junjungan Nabi Muhammad SAW.

Acara dimulai dengan iringan musik Hadrah dari para santri kemudian dibuka dengan lantunan Ayat Suci Al-Quran, Kemudian dilanjutkan dengan Tausiyah yang diisi oleh ALHABIB ALWI ALMAGROBI yang berisi tentang keutamaan sifat-sifat rosul yang perlu diteladani umat. 

Baca Juga:  DPC LSM KPK Nusantara Banyuwangi Galang Dukungan Untuk Program Kerja

(Edy)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pastikan Proses Coklit Berjalan Lancar, Ketua Bawaslu Sampang Monitoring di Kecamatan Omben
“Indramayu Bergerak: LSM KPK Gempur Korupsi, Perjuangkan Keadilan Tanpa Tanding!”
Baksos Bhayangkara Adventure Off Road Polres Bondowoso di Ikuti Ratusan Off Roader se Jawa – Bali
Tampilkan Keanekaragaman Budaya, Peserta PKA Angkatan IV dan Bimtek SPM PPSDM Makassar Kenakan Pakaian Adat
Pentingnya Tata Naskah Dinas dan Kearsipan, Bawaslu Kabupaten Sampang Gelar Pelatihan
Jelang Porwanas XIV Banjarmasin, Tim Bulutangkis SIWO PWI Jatim Gelar TC di Malang
Antisipasi Terjadinya Pelanggaran, Bawaslu Kabupaten Sampang Gelar Rapat Kordinasi Strategis
Bekerja dengan Baik dan Disiplin Waktu, Panwascam Omben Apresiasi Kerja PKD dan Staf
Berita ini 55 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 19:59 WIB

PJ Bupati Hermon Membuka MTQ Ke-X Tingkat Kabupaten di Kecamatan Permata Intan

Selasa, 23 Juli 2024 - 03:14 WIB

Tahun Baru Islam Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Akbar di Murung Raya

Selasa, 23 Juli 2024 - 01:51 WIB

Pj Bupati Hermon Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Praja Wibawa 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 11:34 WIB

Pelaksanaan Rehabilitasi Jalan Rabat Beton Desa Dukuh Di Apresiasi Warga

Minggu, 21 Juli 2024 - 16:23 WIB

“Indramayu Bergerak: LSM KPK Gempur Korupsi, Perjuangkan Keadilan Tanpa Tanding!”

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:41 WIB

Baksos Bhayangkara Adventure Off Road Polres Bondowoso di Ikuti Ratusan Off Roader se Jawa – Bali

Minggu, 21 Juli 2024 - 00:32 WIB

DPRD Imanudin Mengapresiasi Disdikbud Murung Raya Memperhatikan Sapras Pendidikan

Sabtu, 20 Juli 2024 - 18:55 WIB

Workshop Peningkatan Inovasi Dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KATA KREATIF) Indonesia Di Kota Yogyakarta

Berita Terbaru