Pemdes Muara Jaan Bangun Jalan Desa Rabat Beton Bersama Warga

0
23

MURUNG RAYA, RADAR-X.net – Pemerintahan Desa Muara Jaan, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, kini usai melaksanakan pekerjaan pembangunan jalan desa cor beton di lingkungan RT 03, dikerjakan secara sewa kelola bersama warga, dengan panjang 37 meter dan lebar 2 meter, bersumber dari dana desa tahun 2021.

Pembangunan infrastruktur jalan desa tersebut, walapun dikerjakan secara bertahap, di tengah masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah desa Muara Jaan tetap merealisasikan anggaran dana desa untuk membangun dan memperbaiki jalan desa guna kepentingan masyarakatnya. Minggu (29/8/2021).

Perbaikan Jalan cor beton di lingkungan RT 03 desa Muara Jaan ini, dibiayai dengan Dana Desa (DD) tahun 2021 dengan pagu anggaran desa yang di realisasikan oleh pemerintah desa secara bertahap sebesar Rp. 120.000.000.00,- (seratus dua puluh juta rupiah). Pelaksanaaanya secara sewa kelola yang mengutamakan masyarakat desa Muara Jaan.

Kegiatan pembangunan jalan rabat beton ini, dikerjakan secara lansung oleh masyarakat, desa sebanyak 115 orang terdiri dari laki-laki maupun perempuan, di dampingi oleh semua aparat desa dan BPD, tim pengelola kegiatan barang dan jasa (TPK BJ), yang turut mengerjakan, sehingga pekerjaan jalan cor beton sepanjang 37 meter dan lebar 2 meter ini, dikerjakan begitu cepat hanya dengan waktu 7 jam saja, mulai dari pukul 8.00 pagi sampai pukul 14.00 siang, selesai di kerjakan.

Baca Juga:  Dilanda Banjir, Jalan Lintas Aceh Tenggara Menuju Sumatera Utara Terganggu

Pembangunan jalan desa cor beton di lingkungan RT 03 ini, tentu sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat desa Muara Jaan, karena satu-satunya jalan akses utama warga menuju kota puruk cahu.

Kepala desa Muara Jaan, Nanang saat di temui oleh Wartawan ketika melakukan pengecekan pekerjaan, Ia menyampaikan, pembangunan jalan desa cor beton ini, memang sudah menjadi kewajiban pemerintah desa untuk melaksanakanya agar nantinya jalan desa ini bisa berfungsi untuk mempermudah dan memperlancar aktivitas warga desa.

“Setelah akses jalan ini selesai, selain itu juga pembangunan jalan desa ini, berdasarkan hasil rapat musdes desa bersama tokoh masyarakat dan aparat desa serta BPD desa, sehingga sepakat untuk membangun jalan cor beton ini,” ungkap Nanang.

Nanang juga menambahkan, terkait pembangunan infrastruktur jalan desa cor beton sepanjang 37 meter ini, kita kerjakan secara bertahap bersama aparat desa dan masyarakat.

“Oleh karena saat ini masih belum maksimal, lantaran keterbatasan anggaran karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19, jadi pemerintah desa saat ini bisa membangun secara bertahap menyesuaikan anggaran dana desa,” tambah Nanang.

Baca Juga:  BPN Kota Padang Tak Ta'at Asas Dalam Penyelenggaraan Pendaftaran Tanah

Selain itu juga, Akhmad Jumadi, ketua BPD desa Muara Jaan, saat di wawancarai awak media, ia berharap kepada kepala Desa Muara Jaan, supaya bisa terus menerus mempertahankan sistem kerja sama secara sewa kelola bersama masyarakat desa Muara Jaan ini, walaupun tidak menggunakan tenaga teknis dari luar sepanjang warga desa bisa mengerjakan,

“Kenapa tidak warga saja mengerjakannya,” kata Akhmad Jumadi.

“Karena segala aktivitas warga di desa maupun di Kota, tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan desa yang memadai, salah satunya akses jalan desa dan jalan lingkungan yang baik dan layak. Hal ini tentu akan mempermudah dan kelancaran transportasi dan perekonomian warga desa dan masyarakat pada umumnya,” tutup Akhmad Jumadi. (Aswadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.