Kajari: Klebun Wajib Cairkan 8 % DD Untuk Penanggulangan Wabah Covid-19

0
3

SAMPANG, RADAR-X.net – Klebun (Kepala Desa) diwajibkan untuk mencairkan anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 8% untuk penanggulangan Covid1-9.

Pasalnya, sesuai dengan peruntukan dan sesuai aturan, salah satunya dari Dana Desa yang harus dicairkan yaitu untuk penanganan wabah Covid-19 dari total anggaran harus disisihkan sebesar 8% nya, agar masyarakat bisa menikmati dan merasakan kehidupan yang sehat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sampang Jawa Timur, Imang Job Marsudi, SH., MH, dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Adhyaksa ke 64. Jum’at (23/07/2021)

Ia berpesan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) yang biasa dipanggil Klebun kata Madura, untuk tidak takut mencairkan Dana Desa (DD) tersebut.

“Saya berharap kepada semua Klebun, jangan takut dalam mengelola DD dan mencairkannya, seperti dari seluruh anggaran tersebut hanyalah 8%, untuk penanganan Covid 19 di tingkat Desa, asal sesuai dengan aturan dan peruntukannya, namun jangan sampai dana terserap tetapi tidak ada apa-apa.” Kata Imang

Baca Juga:  Raskin Jadikan Pakan Ayam Dan Campuran Kopi Wakasub Drive Bulog Banyuwangi Janji Turunkan Satgas

Orang nomor satu di Korp Adhyaksa Sampang ini juga mengatakan, dari DD yang 8% itu, bisa dibelanjakan untuk pembelian Masker yang dibagikan kepada warganya, dan pembelian vitamin untuk pencegahan meluasnya Covid-19 serta untuk membantu masyarakatnya yang sedang menjalankan Isolasi Mandiri (Isoman) berupa paket sembako.

“Dana itu bisa belanjakan Masker, Vitamin, hand sanitizer, yang dibagikan kepada Masyarakatnya agar terhindar dari wabah Covid 19, juga dibelanjakan untuk pengadaan bantuan paket sembako bagi warga di Desa yang menjalankan Isoman.” Jelas Job Marsudi.

Sapanjang ada laporan pertanggungjawabannya, yang sesuai dengan tupoksinya, sekali lagi kata dia, Para Klebun tidak harus takut menyerap anggaran tersebut, agar Masyarakat sehat dan dijauhkan dari Wabah Covid 19.

“8% Anggaran DD harus dicairkan untuk penanggulangan Covid 19 di desa-desa, maka dengan demikan Warganya bisa terselamatkan dari wabah tersebut, karena ini juga merupakan langkah Ikhtiar kita bersama.” Tutup Kajari Sampang. (MK/TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.