Bupati Kampar Temui Masyarakat Desa Terisolir Di Hari Libur

- Penulis Berita

Rabu, 3 Januari 2018 - 07:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Kampar Temui Masyarakat Desa Terisolir Di Hari Libur
Gambar : Dedi Osri, SH, bersama Bupati Kampar H. Aziz, Zainal, SH. MM.

KAMPAR KIRI HULU, radar-x.net – Cuaca hujan ditambah dengan arus deras sungai Kampar Kiri Hulu tidak menyurutkan semangat Bupati Kampar, H. Azis Zaenal SH,MM., dan rombongan untuk menemui masyarakat terisolir di 8 desa Kecamatan Kampar Kiri Hulu Selama dua hari mulai 30 s/d 31 Desember 2017 saat liburan dipergunakan Azis Zaenal dan keluarga serta beberapa OPD meninjau langsung situasi pembangunan 8 desa tersebut.

“Tujuan kita ke 8 Desa terisolir kecamatan Kampar Kiri Hulu ini untuk melihat langsung bagaimana kondisi yang sebenarnya, baik itu masyarakatnya maupun infrastruktur di sini, sehingga kita berharap hasil dari kunjungan kita ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam memberikan bantuan anggaran ke desa melalui rapat bersama OPD tahun 2018,” ujarnya pada setiap arahan yang disampaikan di desa.

Bupati menjelaskan, bahwa untuk pembangunan jalan penghubung setiap desa mulai dari desa Pangkalan Serai hingga ke desa Gema tidak bisa dilaksanakan, karena seluruh kawasan di 8 desa tersebut merupakan kawasan hutan konservasi atau hutan lindungan yang dilindungi oleh negara.

“Bukan kita tidak mau membangun jalan, tapi karena kawasan di desa ini adalah kawasan hutan konservasi atau hutan lindungan yang sudah ada aturan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI untuk tidak memperbolehkan membangun jalan di kawasan tersebut,” jelas Azis.

Bupati menegaskan, bahwa desa bisa bangkit jika Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan masyarakat.

Selain meninjau infrastruktur desa, Bupati Kampar juga meninjau kondisi bangunan sekolah dan berdialog dengan kepala sekolah dan guru.

Dalam dialognya Bupati Kampar menanyakan tentang berapa guru PNS dan honor, gaji, jumlah murid, kelas serta sistem pendidikan yang dilaksanakan.

Pada bidang kesehatan, kepala desa Aur Kuning meminta agar disiapkan mobil, hal ini karena Kurangnya transportasi bagi masyarakat yang sakit dan memerlukan ambulan.

Mendengar hal tersebut Bupati Kampar langsung menyetujui bahkan akan menambah 1 unit ambulan air yang bisa dipergunakan bagi Masyarakat di 8 desa tersebut.

Kepada kepala desa, Bupati Kampar menekan agar setiap dapat menggunakan dana desa untuk peningkatan ekonomi masyarakat, baik itu pembangunan infrastruktur desa maupun kegiatan-kegiatan yang hasilnya mampu dinikmati seluruh masyarakat desa.

Baca Juga:  Pj. Bupati Agara Lantik Syukur Selamat Karo Karo Jadi Kadis BPKD

Disisi lain, Bupati Kampar juga menghimbau agar Badan Perwakilan Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat secara bersama-sama dan membangun desa.

“Rembukkan bersama, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat apa yang akan dilaksanakan agar desa maju, ekonomi masyarakat meningkat,” himbau Azis dalam dialog bersama masyarakat desa.

Bupati menambahkan, saat menerima aspirasi masyarakat bahwa kedatangannya bersama rombongan juga untuk mencatat keinginan masyarakat Desa yang nantinya akan kita dukung dengan anggaran APBD dari Kabupaten Kampar.

“Tujuan lain yang akan dilakukan adalah bagaimana kita Mensingkronkan antara dana desa dan bantuan dari APBD untuk desa sesuai dengan peruntukannya. Skala prioritas, mana kebutuhan masyarakat yang benar-benar didahulukan yang nantinya akan dilaksanakan melalui Musrenbang Desa, Musrenbangcam dan Musrenbang Kabupaten,” tegas Bupati.

Desa-desa yang dikunjungi di antaranya desa kuntu, Desa Muara Bio, Desa tanjung Beringin, Desa Gajah Bertalut dan bermalam di Desa Aur Kuning.

Hari kedua Bupati Kampar dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Pangkalan Serai, Desa Terusan, Desa Batu Sanggan, Desa Subayang Jaya.

Baca Juga:  Dirut PDAM Ady Setiawan Kandidat Kuat Pengganti Lucky Hakim

Turut serta dalam rombongan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kadis PUPR, Kadis Perkim, Kadis Perkebunan dan Kesehatan Hewan, Kadis Pertanian, Kadis Pariwisata dan Olahraga, Camat Kampar Kiri Hulu.

Gambar: Ketua Satgas DPD. Riau, Feri Yasman Gulo, Sekretaris DPD Riau, Mulya Dharmawan, Bupati Kampar, H. Aziz Zainal, SH.MM, Ketua DPD Riau, Affansasi.

Sementara itu, Lembaga KPK Nusantara DPC Kabupaten Kampar yang pernah menjumpai Bupati Kampar terpilih pada saat itu sangat yakin jika kedepannya Aziz Zainal yang menjabat sebagai Bupati Kampar saat ini bisa terpilih menjadi Gubernur Riau yang akan datang, jika berani mencalonkan diri.

Selain itu, Ketua Lembaga KPK Nusantara DPC Kabupaten Kampar, Dedi Osri, SH., mengatakan dengan tegas, bahwa kinerja Bupati Kampar, H. Aziz Zainal, SH.MM., wajib dicontoh oleh Bupati atau Walikota yang berada di Provinsi Riau. (Mulya Koto)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PJ Bupati Hermon Membuka MTQ Ke-X Tingkat Kabupaten di Kecamatan Permata Intan
Agenda Rapat Paripurna DPRD Batu Bara: Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap KUA-PPAS RAPBD 2025
Tahun Baru Islam Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Akbar di Murung Raya
Pj. Bupati Mura Resmikan Kegiatan Peluncuran Pekan Imunisasi Nasional 2024
Pj Bupati Hermon Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Praja Wibawa 2024
Pelaksanaan Rehabilitasi Jalan Rabat Beton Desa Dukuh Di Apresiasi Warga
“Indramayu Bergerak: LSM KPK Gempur Korupsi, Perjuangkan Keadilan Tanpa Tanding!”
Baksos Bhayangkara Adventure Off Road Polres Bondowoso di Ikuti Ratusan Off Roader se Jawa – Bali
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 19:59 WIB

PJ Bupati Hermon Membuka MTQ Ke-X Tingkat Kabupaten di Kecamatan Permata Intan

Selasa, 23 Juli 2024 - 03:14 WIB

Tahun Baru Islam Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Akbar di Murung Raya

Selasa, 23 Juli 2024 - 01:51 WIB

Pj Bupati Hermon Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Praja Wibawa 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 11:34 WIB

Pelaksanaan Rehabilitasi Jalan Rabat Beton Desa Dukuh Di Apresiasi Warga

Minggu, 21 Juli 2024 - 16:23 WIB

“Indramayu Bergerak: LSM KPK Gempur Korupsi, Perjuangkan Keadilan Tanpa Tanding!”

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:41 WIB

Baksos Bhayangkara Adventure Off Road Polres Bondowoso di Ikuti Ratusan Off Roader se Jawa – Bali

Minggu, 21 Juli 2024 - 00:32 WIB

DPRD Imanudin Mengapresiasi Disdikbud Murung Raya Memperhatikan Sapras Pendidikan

Sabtu, 20 Juli 2024 - 18:55 WIB

Workshop Peningkatan Inovasi Dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KATA KREATIF) Indonesia Di Kota Yogyakarta

Berita Terbaru