BERITA TERBARU

Syukur “Buk Kadhimah” Terus Mengalir, Saat Menerima Bantuan Dari Pemerintah

0

SAMPANG, RADAR-X.net – “Buk Kadhimah” seorang nenek yang tinggal seorang diri di desa Baruh kecamatan/kabupaten Sampang, terus mengutarakan rasa syukurnya dan menampakkan kebahagiaannya saat menerima bantuan dari pemerintah. Senin (19/04/2021).

Ucapan syukur itu serta ucapan terima kasih terus mengalir dari bibir nenek Kadhimah sebagai tanda luapan kebahagiaannya, karena menerima berbagai macam material dan uang tunai.

Berdasarkan dari hasil penelusuran awak media radar-x di lapangan, nenek Kadhimah belakangan ini sedang mengalami keterbatasan fisik sehingga betul-betul membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari orang disekitarnya.

“Mator sakalangkong, mator sakalangkong…! mander e gente’ennah se lebbi rajeh sareng pangeran (Terima kasih, terima kasih…! Semoga digantikan yang lebih besar oleh Allah SWT).” Ucap nenek Kadhimah dengan logat maduranya.

Selain bantuan sembako dan uang tunai, nenek Kadhimah berharap kepada pemerintah untuk mendapatkan bantuan listrik, karena selama ini nenek Kadhimah masih menggunakan penerang dengan bahan bakar minyak tanah.

Sementara camat Sampang melalui kasi kesejahteraan sosial akan mengusulkan nenek Kadhimah untuk mendapatkan bantuan uang sebesar Rp. 400.000/bulan, karena program bantuan tidak direncanakan sudah berubah menjadi program direncanakan.

Ditempat yang sama, Rolis Sanjaya ketua tim Generasi Peduli Negeri (GPN) kabupaten Sampang, sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Sampang yang telah peduli dan memberikan bantuan kepada nenek Kadhimah.

“Sekali lagi kami dari tim Generasi Peduli Negeri (GPN) kabupaten Sampang sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Sampang, yang telah memberikan bantuan melalui BPBD, Dinsos, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.” Ucap Rolis singkat. (MK/TIM)

Safari Ramadhan, Bupati Sampang Resmikan Ma’had Tahfidhul Qur’an Dan BLK Komunitas

0

SAMPANG, RADAR-X.net – Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang yang dipimpin Bupati diisi dengan Peresmian Ma’had Tahfidhul Qur’an dan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, di salah satu Pondok Pesantren dan Yayasan Pendidikan. Senin (19/04/2021)

Dari pantauan awak media radar-x di lokasi, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi didampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat memotong pita sebagai tanda presmian Ma’had Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Miftahul Ulum dan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Pendidikan Al-Azis Sumber Gedang desa Tlambah kecamatan Karang Penang kabupaten Sampang – Madura.

Selain meresmikan Ma’had Tahfidzul Qur’an dan BLK Komunitas, Bupati dan Wakil Bupati Sampang memberikan Santunan pada 9 Anak Yatim dan 10 Kaum Dhuafa serta 5 insentif bagi guru ngaji yang tidak tercover program bantuan pemerintah daerah.

KH. Abd. Sattar SH. Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumber Gedang dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah daerah kabupaten Sampang yang telah memilih Pondok Pesantren Miftahul Ulum sebagai tempat acara Safari Ramadhan pada tahun 1442 H ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sampang yang telah memilih pesantren kami sebagai tempat acara Safari Ramadhan, juga terima kasih karena telah memberikan bantuan kepada anak yatim, kaum dhuafa dan guru ngaji.” Ucap KH. Sattar SH.

Selain itu, KH. Sattar SH juga berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sampang yang telah meresmikan Program Ma’had Tahfidzul Qur’an dan BLK Komunitas yang ada diyayasan dan pondok pesantren Miftahul Ulum Sumber Gedang desa Tlambah ini.

“Semoga Bupati dan Wakil Bupati Sampang tetap Istiqomah menjalankan tugasnya sampai diperiode selanjutnya (Periode yang akan datang).” Lanjut KH. Sattar SH.

Sementara Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengapresiasi pengasuh pondok pesantren Miftahul Ulum yang telah berhasil mendirikan Ma’had Tahfidzul Qur’an dan keberhasilan para santri dalam mempelajari baca kitab kuning yang menjadi prioritas utama di kalangan pesantren.

Turut hadir dalam giat tersebut, Forkompinda kabupaten Sampang, OPD, Forkopimcam Karang Penang, dan Ulama’ serta tokoh masyarakat. (MK/TIM)

Bupati Zahir Lantik Pengurus Kelompok Kerja (POKJA) Bunda PAUD Masa Bakti 2021-2023

0

BATU BARA, RADAR-X.net – Bupati Batu Bara Ir. H Zahir, M.AP didampingi, Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus, Kadis Kesehatan dr. Wahid, Bunda PAUD Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Ketua POKJA PAUD Hj. Erlina, AM.Keb, Kakan Kemenag Ahmad Sofyan dan Camat Se-Kabupaten Batu Bara.

Prosesi Pelantikan Pengurus Kelompok Kerja (POKJA) Bunda PAUD Masa Bakti 2021-2023 dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati, Senin (19/04/2021).

Acara prosesi pelantikan diisi dengan tarian persembahan dari PAUD Azzahra desa Pematang Kuing, tarian cuci tangan TK IT ALL IHYA dan Puisi Daerah Aldhia Zhafi Ananta yang merupakan Juara 1 Puisi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori TK. Dan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA)

Tujuan didirikan POKJA PAUD antara lain :
Mengoptimalkan sumber dana untuk mendukung penyelenggaraan program PAUD. Mendorong peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan. Mendorong peningkatan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Pembinaan serta pengawasan terhadap layanan PAUD berkualitas.

“Pendidikan Taman Kanak-kanak, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wadah bermain dan belajar bagi anak-anak kita. Anak-anak dididik serta dibantu untuk mengeluarkan serta mengembangkan potensi dan kreatifitasnya sejak dini,“ ujar Ilyas Sitorus.

Ketua POKJA PAUD Batu Bara Ny. Hj. Erlina, AM.Keb, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Batu Bara yang telah melantik pengurus POKJA PAUD. Setelah dilantiknya pengurus ini, serta berharap terciptanya PAUD holistik terintegratif yang melahirkan cikal bakal yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Polres Bondowoso Beri Santunan dan Bantu Kerja Bakti Korban Puting Beliung

0

BONDOWOSO, RADAR-X.net – Sebanyak 40 warga Desa Jati Tamban, Kecamatan Wringin mendapat bantuan dari jajaran forum pimpinan daerah (Forpimda), Senin (19/4/2021).

Mereka merupakan korban dari bencana alam angin puting beliung yang terjadi sehari sebelumnya, Minggu (18/4/2021).

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, menuturkan, bahwa di wilayah tersebut terjadi hujan yang disertai angin kencang. Sehingga, membuat pohon tumbang yang mengenai rumah warga.

“Ada 33 rumah yang tertimpa pohon tumbang. Ada yang rusak sedang, hingga berat,” ungkap Erick.

Akibat dari bencana alam itu, kerugian yang didera masyarakat diperkirakan mencapai sekitar Rp 34 juta.

“Tak ada korban jiwa dalam bencana alam ini,” tutur Erick.

Karena itulah, pihaknya turun langsung hadir memberikan bantuan kepada masyarakat. Selain nantinya masih akan ada bantuan-bantuan dari pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harap Erick.

Erick juga menyebutkan, bahwa selain bantuan sembako puluhan personil Polri juga diturunkan langsung untuk turut membantu kerja bakti.

“Jadi mereka kita turunkan untuk turut kerja bakti membersihkan akibat bencana alam. Untuk informasi, hujan disertai angin kencang terjadi di Desa Jati Tamban, dan Desa Sumber Malang, Kecamatan Wringin.” Terang Erick.

Erick menambahkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Puluhan rumah rusak akibat tertimpa pohon dan genteng yang terbawa angin. (Nur)

*Sumber: Humas Polres Bondowoso

“Marhaban Ya Ramadhan” Katar The Brilian: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H

0

SAMPANG, RADAR-X.net – Andre Efendy ketua karang taruna The Brilian Desa Batuporo Barat kecamatan Kedungdung kabupaten Sampang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1442 H. Senin (12/04/2021).

“Kami keluarga besar karang taruna the Brilian Batuporo Barat mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama kami berkarya terdapat kesalahan dan kekhilafan sehingga menimbulkan dosa-dosa baik Sengaja atau tidak,” ucap Andre.

Andre juga mengatakan bahwa bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, maka dari itu, pada bulan suci Ramadhan Allah SWT menurunkan kitab suci Al-Qur’an dan Lailatul Qadar.

“Mari kita perbanyak berbuat kebaikan dibulan suci ini, tingkatkan iman dan taqwa, karena Allah SWT melipat gandakan pahala dari amal perbuatan kita semua,” kata Andre Efendy mewakili anggotanya

“Jika selama ini kami banyak berbuat kesalahan, dari hati yang tulus kami pengurus karang taruna The Brilian desa Batuporo Barat kecamatan Kedungdung Sampang, dan kami Pribadi serta keluarga meminta maaf yang sebesar-besarnya, mari kita saling membuka pintu maaf untuk menjalani puasa di bulan suci ini, dan  mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1442 H.” Pungkas Andre. (MK/TIM)

Sukses Bagi-bagi Ratusan Takjil, Ini Harapan Masyarakat Sampang Pada Karang Taruna

0

SAMPANG, RADAR-X.net – Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Sampang Madura selama ini selalu sukses menggelar bermacam kegiatan hingga mendapat pujian dan harapan dari masyarakat.

Kali ini kesuksesan yang diraih oleh mereka yaitu ditunjukan saat pembagian ratusan Takjil gratis.

Dari pantauan awak media radar-x di lapangan, ratusan takjil yang dibagikan oleh para Panitia Program Ramadhan (PPR) 1442 H kepada masyarakat habis tersalurkan bahkan dari ratusan takjil yang disediakan oleh PPR masih kurang. Minggu (18/04/2021)

Dengan seringnya bermacam program yang dilaksanakan oleh FPKT Sampang, maka semua kegiatan membudaya dan menjadi agenda rutin dari karang taruna kabupaten Sampang, sehingga menjadi suatu pujian dan harapan dari masyarakat Sampang.

Syifana Safara salah satu warga mengatakan, bahwa kegiatan karang taruna kabupaten Sampang betul-betul nyata dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami berharap semoga pengurus karang taruna kabupaten Sampang tidak pernah lelah dalam berbhakti sosial pada masyarakat, dan semoga para generasi muda di Sampang, terinspirasi oleh kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda karang taruna,” harap Syifana saat dionfirmasi oleh media ini.

Secara terpisah, ketua karang taruna kabupaten Sampang Moh. Jakfar melalui sekretarisnya Havivin mengaku bahwa karang taruna kabupaten Sampang selalu melakukan kegiatan rutin, apalagi pada momen-momen tertentu.

“Kegiatan-kegiatan yang kami gelar diantaranya khotmil Qur’an setiap Jum’at legi, memperingati hari-hari besar dan Agama, Bhakti sosial, peduli kaum dhuafa dan korban bencana, dan lain sebagainya.” Jelas Havivin. (MK/TIM)

Indahnya Berbagi, DPW Puan Provinsi Jambi Bagi Takjil

0

JAMBI, RADAR-X.net – Bulan Ramadhan sangat dinanti-nanti kaum Muslimin, karena di bulan inilah segala amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Bulan yang penuh Berkah ini diisi dengan kegiatan yang sangat mulia oleh segenap kepengurusan DPW Puan (Perempuan Amanat Nasional) Provinsi Jambi dengan bagi-bagi Takjil kepada pengguna kendaraan, sebagai rasa peduli kepada sesama.

Koordinator Bagi Takjil Untuk Kecamatan Telanai Pura DPW Puan Provinsi Jambi, Ningsih Dewi Marini saat dimintai keterangan oleh awak media di Simpang Empat Lampu Merah, Sipin, Kota Jambi pada Sabtu (17-04-2021) menyampaikan,
“Kami dari Puan (Perempuan Amanat Nasional) Provinsi Jambi bagi-bagi Takjil pada sore ini, berlokasi di Simpang Empat Lampu Merah, Sipin Kota Jambi, sebagai bentuk rasa peduli kepada sesama, apalagi disaat kondisi masih dilanda Covid-19, Kegiatan ini disupport penuh oleh PLT Ketua DPW Puan Provinsi Jambi Sri Uleng Bakri, yang juga Sekjen DPP Puan,” tutur Rini

Ningsih Dewi Marini juga menambahkan arti pentingnya rasa kebersamaan.

“Disaat kita sama-sama merasakan kondisi yang sulit, justru dengan rasa kebersamaan semua InsyaAllah akan dapat kita hadapi dan atasi bersama, bagi-bagi Takjil ini salah satu bentuk rasa kebersamaan kita,” ujar Rini.

“Alhamdulillah, saat bagi-bagi Takjil Kami selalu menerapkan Protokoler Kesehatan yakni Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan. InsyaAllah ini akan diadakan di 11 titik Kecamatan lainnya secara bergilir. Di Samping itu akan direncanakan Kegiatan Kunjungan Ke Panti Asuhan, dan Buka Bersama Ketua PLT DPW Puan Provinsi Jambi Sri Uleng Bakri,” ungkap Rini.

“Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H, semoga kita semua menjadi hambaNya yang bertaqwa,” tutup Rini. (mg)

“Kompak” Karang Taruna Sampang Bagi-Bagi Takjil Pertama Di Ramadhan 1442 H

1

SAMPANG, RADAR-X.net – Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) kabupaten Sampang dan Panitia Program Ramadhan ‘kompak’ satukan semangat dalam membuat takjil yang akan dibagi-bagikan secara gratis di wilayah kota bahari Sampang. Minggu (18/04/2021).

Dari pantauan awak media radar-x di lokasi, selain para Panitia Program Ramadhan dan FPKT, juga terlihat ikut serta MPKT kabupaten Sampang dalam membuat takjil racikan karang taruna kabupaten Sampang.

Bertempat dikediaman salah satu pengurus karang taruna yang beralamat kelurahan Polagan kecamatan/kabupaten Sampang, para panitia dibantu FPKT sedang mengemas dan mempersiapkan takjil yang siap dibagikan pada masyarakat.

“Pada hari Minggu tanggal 18 April 2021 ini, adalah merupakan yang pertama kalinya kami bagi-bagi takjil pada Ramadhan tahun ini.” Kata Devina ketua Panitia Program Ramadhan.

“InsyaAllah pada tahun ini, di Ramadhan 1442 H ini, kami akan melaksanakan bagi-bagi takjil sebanyak tiga kali, diantaranya pada tanggal 18 April 2021, 25 April 2021, dan 02 Mei 2021.” Ungkap Devina.

Namun tidak hanya itu, lanjut Devina, program kami pada tahun 2021 atau Ramadhan tahun ini cukup banyak selain bagi-bagi takjil, kami juga melakukan santunan anak yatim, bagi-bagi Al-Qur’an pada musholla-musholla, pemberian sembako gratis pada orang tidak mampu dan program lainnya.

Perlunya diketahui, bahwa launching Program Ramadhan Karang Taruna Kabupaten Sampang diresmikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, H. Yuliadi Setiawan S.Sos dan disaksikan beberapa kepala dan perwakilan OPD kabupaten Sampang. (MK)

Pemuda Asal Pamekasan Jadi Korban Penganiayaan Orang Tak Dikenal

0

PAMEKASAN, RADAR-X.net – Munir salah seorang warga Dusun Duwa’ Pote, desa Dempo Timur, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jadi korban penganiayaan orang tak dikenal.

Pasalnya, kejadian penganiayaan tersebut di Co’ Gunung, atau di Jl. Raya Waru – Pakong, pada Sabtu (17/4/2021) sekitar pukul 01.00 WIB.

Menurut keterangan warga setempat, Munir dianiaya oleh orang dengan mengunakan dua kendaraan sepeda motor. Diantara orang tersebut mengunakan senjata tajam berupa celurit. Korban nyaris terkena sabetan senjata tajam, namun beruntung korban jatuh ke sebelah samping jalan setinggi 5 meter.

“Salah satu dari tiga orang, ada yang sempat mengeluarkan senjata tajam berupa clurit,” kata warga saat kejadian.

Dari kejadian tersebut, Munir mengalami luka di atas mata bagian kiri. Selanjutnya korban langsung dilarikan ke Puskesmas Waru untuk mendapatkan pertolongan medis. (Hol)

Pimpinan Ponpes Zawiyah Babussalam H Tgk Sayed Abu Bakar Meninggal Dunia

0

ACEH TAMIANG, RADAR-X.ner – Innalillahi Wainnaillaihi Rojiun, Aceh Tamiang berduka. Pimpinan Pondok Pesantren Zawiyah Babussalam Tgk H Sayed Abu Bakar (Waled) meninggal dunia, Jumat 16 April 2021 atau 4 Ramadhan 1442 Hijriyah.

Pemakaman jenazah almarhum dilakukan di rumah duka dusun Pasantren desa Gelanggang Merak, Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang, Sabtu 17 April 2021.

Sebelum dimakamkan, Almarhum di sholatkan di halaman rumah duka yang dihadiri para alim ulama, masyarakat dan ratusan murid serta sanak keluarga.

Tgk H Sayed Abu Bakar (Waled) adalah seorang tokoh yang di kenal masyarakat secara turun temurun di Kecamatan Manyak Payed. Sebagai pemimpin agama, almarhum juga seorang sosok pimpinan pasantren Zawiyah Babussalam Kecamatan Manyak Payed.

Almarhum Waled meninggalkan seorang istri, Ummi Sarifah Asma (55 tahun). Lima orang anak yakni Said Hidayahtullah (38 tahun). Syarifah Muizzatulhasah (35 tahun), Said Munawar khalil (33 tahun). Syarifah Miftahull Janna (31 tahun) dan Said Ikwani (30 tahun).

Turut Berduka

Dandim Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita langsung menghadiri pemakaman jenazah almarhum di rumah duka.
Dandim Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi menyampaikan turut berduka cita atas kepergian Tuan Guru Tengku H Sayed Abu Bakar (Waled).

“Almarhum merupakan sosok ulama kharismatik dan disegani,” ujar Dandim, sembari mendoakan keluarga yang ditinggal sabar dan tabah. Semoga Allah SWT menerima amal baik almarhum selama hidupnya. Diampuni segala dosa dan kesalahannya serta ditempatkan di sisi-Nya dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan ini juga, pihak keluarga mengucapkan terima kasih banyak kepada Dandim Aceh Tamiang, Pejabat daerah dan masyarakat yang telah meluangkan waktu untuk mengantar Waled sampai di peristirahatan terakhir. (Myr Pur Mohd)