Warga Palongan Perbaiki Jembatan Gantung Demi Lancarnya Aktivitas Pertanian

0

Bondowoso, radar-x.net – Warga masyarkat Dusun Palongan desa Gentong, gotong royong perbaiki jembatan gantung yang menghubungkan 2 wilayah Kecamatan Taman Krocok dan Tapen, yakni Dusun Wringin Jajar desa Kali tapen Kecamatan Tapen.

Dalam hal ini warga bermula karena jika sudah musim panen tiba, untuk mengangkut hasil panen harus mutar melewati jarak tempuh yang cukup jauh yaitu, melewati Wonosari dan desa Taman.

Jembatan dengan ukuran panjang 27 M dan Lebar 150 Cm yang awalnya cuma bisa dilalui dengan jalan kaki ini, sejak awal Tahun 2019 direhabilitasi sehingga bisa dilewati sepeda motor dengan sumber dana hasil dari swadaya masyarakat setempat.

“Awalnya kita buka jalan setapak agar bisa dilalui kendaraan roda dua dari Dusun Palongan ke Dusun Wringin Jajar, dan hal itu membutuhkan waktu skitar 4 bulan kami kerja bakti tiap hari. Pada saat ini kita merehab jembatan mengganti papan dan menambahi besi pengikat. Dananya kita dapat dari penarikan amal,” kata Triman Pak Yon sapaan akrabnya, selaku kordinator kegiatan rehab jembatan.

Baca Juga:  Akmal Daud, Dampingi Tim Kecamatan Aceh Utara Dalam Satu Hari

Hal ini dibenarkan oleh Sucipto selaku Kepala Dusun Palongan, Jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakt Desa Gentong khususnya Dusun Palongan mengingat lahan pertanian yang di garap oleh warga berada di desa Kali Tapen.

“Dengan adanya perbaikan jembatan gantung ini, masyarakat lebih mudah untuk mengankut hasil pertanian tidak usah muter ke Wonosari dan desa Taman yang mnimbulkan biaya angkut membengkak. Dengan adanya jembatan ini sudah sangat jelas membantu perekonomian masyarakat.” Jelas Sucipto.

Harapan dari masyarakat, semoga ada perhatian khusus dari pihak pemerintah jembatan gantung tersebut bisa dibangun secara permanen. (Bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.