BKSDA Lepasliarkan Danau Putra, Harimau Sumatra Yang Terjerat ke Habitatnya

0

Aceh Tenggara, radar-x.net – Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Aceh Tenggara, melepasliarkan Harimau Sumatera yang diberi nama Danau Putra di kawasan Pegunungan Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara. Sabtu (30/1/2021).

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, SHut pada radar-x.net mengatakan, pada saat ditemukan kondisi harimau sangat lemah (dehidrasi). Berdasarkan perkiraan tim medis, Harimau Sumatera tersebut terkena terjerat tiga hari sebelum diketemukan. Tim berhasil melepaskan jerat yang mengenai kaki depan sebelah kanan dengan membius satwa tersebut. Berdasarkan identifikasi, Harimau Sumatera tersebut diperkirakan berumur 1-1,5 tahun dan berjenis kelamin jantan dengan berat 45-50 kilogram.

BKSDA Aceh mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian Harimau Sumatera dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitatnya.

“Warga juga diminta untuk tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati serta tidak memasang jerat/pagar jerat babi, racun, pagar listrik tegangan tinggi yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi yang dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.” Ungkap Agus.

Baca Juga:  Polsek Babul Rahmah Lakukan Sosialisasi Karhutla

BKSDA Aceh mengapresiasi terhadap dukungan semua pihak, khususnya masyarakat desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara. “Pihak TNI/Polri yang membantu proses evakuasi dan mendukung untuk dilakukan pelepasliaran kembali Harimau Sumatera tersebut ke kawasan hutan/habitatnya.” Jelas Agus. (Riko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.