Tinggal Seorang Diri, Mbah Suha Butuh Perhatian Pemerintah

0

Sampang, radar-x.net – Suha (64) warga asal dusun Betes desa Taddan kecamatan Camplong kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur, seorang nenek yang hidup sebatang kara menjalani hidupnya dengan melalui belas kasihan orang lain untuk bisa mencukupi kebutuhannya setiap hari.

Berdasarkan penelusuran awak media radar-x di lapangan, Mbah Suha sebutan akrabnya wanita tua itu, hidup seorang diri dengan kondisi tempat tinggal (gubuk) yang memprihatinkan yang dan tidak layak huni. Jum’at (22/01/2021).

Pasalnya, selama ini Suha tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah, baik Pemerintah pusat maupun Daerah, padahal dalam kesehariannya Suha hanya bisa berharap melalui uluran tangan dari orang-orang sekelilingnya untuk meyambung hidupnya.

Ilham ketua Lembaga Swadaya Masyarakat – Generasi Masyarakat Adil Sejahtera (LSM-GMAS) kabupaten Sampang berupaya untuk membantunya setelah mendengar kabar tersebut dari setempat.

“Sebenarnya saya tidak tau kalau di desa Saya itu ada warga yang belum tersentuh dengan bantuan sosial.” Kata Ilham kepada media ini.

“Setelah saya melakukan kroscek ke bawah, dan netul adanya, kemudian saya bergegas langsung konfirmasi kepada kepala desa Taddan. Dan Alhamdulilah beliau merespon dengan baik serta langsung ikut turba ke lokasi dengan membawa Sembako, dan kepala desa telah memberikan jaminan pada nenek tersebut untuk mendapatkan bantuan tiap bulannya,” ungkap Ilham.

Baca Juga:  Sosialisasi Program BSPS Di Desa Patrol Lor

Ilham berharap semoga pemerintah kabupaten Sampang bisa membantu nenek Suha melalui program-programnya termasuk dari program RUTILAHU untuk memperbaiki gubuk nenek Suha.

Sementara kepala desa Taddan, Hj. Siti Romlah melalui H. Saniman saat dikonfirmasi oleh media ini mengatakan, bahwa selama ini pemerintah desa telah mendata warganya yang tidak mampu, sehingga tercover dengan program bantuan sosial dari Pemerintah.

Dikatakannya, pihaknya siap membantu Mbah suha dengan bantuan pribadi setiap bulannya, dan selanjutnya akan diusahakan supaya tercatat sebagai penerima program bantuan sosial dari pemerintah.

Perli diketahui, sebelumnya Mbah Suha tinggal dengan cucunya, yang ditinggal merantau oleh kedua orang tuanya, namun tanpa kabar akan keberadaanya. (Tim/MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.