Pasangan Terpilih Pilbup Sumenep Akan di Tetapkan Jum’at Besok

0
Rahbini, Komisioner KPU Sumenep, saat dikonfirmasi awak media beberapa waktu lalu. (Foto/Hol)

Sumenep, radar-x.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, akan menggelar penetapan pasangan terpilih di Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Sumenep 2020 pada Jumat, 22 Januari 2021 besok.

Penetapan tersebut akan di mulai pukul 19.00 WIB di Kantor KPU, jalan Asta Tinggi, desa Kebun Agong, Kecamatan Kota.

Komisioner KPU Sumenep, Rahbini mengatakan, telah menerima surat Dinas nomor 60 dari KPU Republik Indonesia (RI), Minggu (20/1/2021) kemarin untuk melakukan rapat pleno penetapan.

“Karena tidak ada Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKada), insyallah besok akan dilakukan penetapan,” kata Rahbini, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, dalam pelaksanaan Pilkada pada tahun kemarin tidak ada persoalan atau gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Maka diterbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Sebab, KPU Kota atau Kabupaten yang tidak ada gugutan untuk segara melaksanakan rapat pleno penetapan,” jelas Rahbini.

Dalam penetapan pasangan terpilih Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 akan dihadiri seluruh partai pengusung, pasangan calon (Paslon), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian Resort (Polres), dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0827 Sumenep.

Baca Juga:  Drs. Siswandi Caleg DPR RI Dapil VIII Indramayu Kunjungi Posko Pemenangan

“Dalam pelaksanaannya itu, para undangan tetap mematahi protokol kesehatan (Prokes),” ujar Rahbini.

Rahbini menerangkan, setelah tiga hari BRPK terbit, maka, batas akhir KPU Kabupaten atau Kota wajib melakukan penetapan pasangan calon terpilih. Hal itu mengacu kepada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Sekedar informasi, hasil rekapitulasi Pilkada Sumenep 2020, pasangan Achmad Fauzi – Dewi Khalifah (Fauzi – Eva) meraih dukungan 319.876 suara. Sementara Fattah Jasin – KH. Ali Fikri (Gus Acing), meraih dukungan 296.676 suara. (Hol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.