Mahasiswa Fakultas Pertanian UGL Coba Kembangkan Tanaman Padi Tongkol Dua

0

Aceh Tenggara, radar-x.net – Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Gunung Leuser (UGL) Aceh Tenggara, melakukan uji coba mengembangkan tanaman padi varietas Rajasa 01 (padi dua tongkol) di desa Lawe Lubang, Kecamatan Lawe Alas, Kabupaten Aceh Tenggara, Sabtu (19/01/2021).

Kamarudin, selaku Ketua Komisaris Agroteknologi Fakultas Pertanian UGL saat dikonfirmasi radar-x.net ketika istirahat menjelaskan, saat ini pihaknya dalam proses penanaman dengan sistem 41 Jajar Legowo (Jarwo) yang dilakukan oleh mahasiswa dan dibantu oleh warga dengan luas lahan dua hektar yang sudah disiapkan.

“Ini pertama kali penanaman padi bertongkol dua kami lakukan percobaan di Aceh Tenggara. Sebelumya petani pada umumnya menanam padi jenis biasa yakni hanya bertongkol satu,” kata Kamarudin.

Kamarudin menjelaskan, Padi bertongkol dua ini merupakan jenis baru yang awalnya dikembangkan di Kabupaten Aceh Timur, dan beberapa daerah lainya beberapa waktu lalu. Mengingat lahan di Aceh Tenggara sangat luas dan subur, diyakini padi bertongkol dua ini dapat berkembang dengan baik.

Kamarudin juga menambahkan, Selain praktek lapangan, uji coba pengembangan varietas Rajasa 01 (padi tongkol dua) oleh mahasiswa ini diharapkan dapat membuahkan hasil hingga tanaman padi jenis ini dapat dikembangkan di seluruh lahan pertanian di kabupaten Aceh Tenggara.

Baca Juga:  PTPN X Kertosari Penuhi Target 2017 Panen Perdana Di Rowo

Diketahui, tanaman padi jenis Rajasa 01 atau biasa disebut padi dua tongkol ini dinilai dapat meningkatkan panen hampir 40 persen jika dibandingkan dari jenis padi biasa yang bertongkol satu. Dari sisi umur, padi bibit unggul ini diperkirakan berumur 100 hari dari masa tanam hingga panen.

“Saat ini kami akan coba melakukan perbandingan dengan lahan masyarakat di sekitar lahan ini, dengan pengolahan lahan dan pupuk yang sama hingga panen dan hasilnya diharapkan dapat menuai hasil melebihi panen biasa,” jelas Kamarudin.(Riko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.