Dinas Pertanian Agara Bagikan 23.611 Lembar Kartu Tani Kepada Masyarakat

0

Aceh Tenggara, radar-x.net – Plt. Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara, H. Guntur secara simbolis menyerahkan 23.611 lembar kartu tani kepada kelompok yang tersebar di seluruh pelosok bumi Sepakat Segenep.

Penyerahan puluhan ribu lembar kartu tani di kantor Balai Penyuluh Pertanian kecamatan Babussalam, Rabu (13/01/2021) tersebut, diterima langsung oleh 16 Kepala Kantor Balai Penyuluh Pertanian, untuk dibagikan pada kelompok tani yang telah terdaftar.

Usai menyerahkan 23.611 lembar kartu tani, Plt Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara, H. Guntur, mengatakan, fungsi kartu tani tersebut, yakni untuk memudahkan dinas dalam pendataan, penyerapan dan pengawasan, selain itu melalui kartu tani tersebut, pemerintah dapat meminimalisir kelangkaan pupuk bersubsidi, seperti yang sering dikeluhkan petani di Aceh Tenggara dan beberapa daerah lainnya.

“Kartu Tani ini juga, sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya permainan dalam penyaluran pupuk serta untuk memudahkan petani nmendapatkan pupuk dari kios yang sudah ditentukan di masing-masing kecamatan,” jelas H. Guntur.

“Sebab itu, jika petani yang telah memiliki kartu, tidak perlu lagi merasa khawatir untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, karena hak petani tidak akan dikurangi, bahkan pembelian dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) terjamin, karena setiap pendistribusian ke kios tetap diawasi Balai Penyuluhan Pertanian secara ketat dan berlapis.” Ujar Plt. Kadis Pertanian.

Baca Juga:  Polsek Lawe Bulan Sosialisasi Saber Pungli Kepada Masyarakat

Koordinator Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Aceh Tenggara, Aswan Efendi, menambahkan, pemberian kartu tani ini secepatnya akan disalurkan melalui BPP kecamatan masing-masing pada kelompok tani.

“Selama 2 hari, seluruh BPP ditugaskan oleh Kadis, memilah dan menyesuaikan nama dan alamat penerima, bila terdapat kartu tani kabupaten lain yang salah penggolongan, akan dikembalikan ke Bank BNI,” ujar Aswansyah Efendi.

Kartu tani, akan diaktifkan setelah Perbankan BNI menerima formulir pembukaan rekening yang sudah lengkap, selain itu petani juga tidak akan dibebani biaya dalam penyaluran kartu tani bagi kelompok tani yang tersebar diseluruh pelosok Aceh Tenggara tersebut. (Riko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.