Mendapat Informasi Ada Pungli, Dalam Waktu Dekat Dishub Akan Beri SK Juru Parkir Di Pantai Sejarah

0
Kepala Dinas Perhubungan, Jannes Marpuang saat diwawancarai awak media di Jalan Pantai Sejarah.

Batu Bara, radar-x.net – Untuk mengantisipasi terjadinya pungutan liar berkelanjutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batu Bara Jonnis Marpaung S.Pd, akan segera berikan SK Kordinator parkir di pantai sejarah dalam waktu dekat. Senin (21/12/2020).

Jonnis mengatakan, bahwa aturan parkir di atur oleh dinas perhubungan itu tertuang pada undang-undang 22 tahun 2009. “Makna dari parkir ini adalah untuk mengatur tertibnya berhenti dan berjalannya kendaraan yang berlalu lintas di jalan sehingga dinas perhubungan perlu menertibkan seluruh yang sifatnya juru parkir di wilayah kita ini.” Ujarnya.

“Sehingga pada hari ini senin 21 Desember 2020,saya langsung turun ke lokasi untuk mengecek lokasi yang nantinya akan dijadikan lahan parkir dan menetapkan lokasi titik parkir di wilayah pantai sejarah ini, dan kita akan melihat kepada siapa nanti diserahkan sebagai kordinatornya,” terangnya.

“Mengingat personil dishub masih minim tidak mampu untuk menjadi juru parkir di wilayah ini, sehingga kita akan menunjuk satu orang sebagai kordinator dan memfungsikan putra putri desa perupuk ini sebagai juru parkir dan mereka nanti akan kita minta KTP sekaligus akan kita terbitkan bet nama agar lebih mudah kita mengkordinir,” ungkapnya.

Baca Juga:  Terkait Skema Bantuan Tunai Langsung LBH JKA Meminta Pemkab Aceh Selatan Tanggapi Dengan Seriu

Ia juga berharap, kedepannya juru parkir itu adalah penerima tamu di kabupaten batu bara. “Jadi mereka harus kita didik diberikan penjelasan apa fungsi dari seorang juru parkir jadi hari ini Dinas perhubungan akan menertibkan dengan maksimal apabila ada yang tidak mau diatur oleh pemerintah maka dinas perhubungan kabupaten Batu Bara akan bekerja sama dengan kepolisian yang akan menertibkannya,” ucapnya.

Yang namanya juru parkir, lanjut Jonnis, sudah barang tentu dinas perhubungan akan mendukung yang mana bertujuan arus lalu lintas supaya tertib dan nyaman, untuk itu kita memerlukan beberapa juru parkir di wilayah kabupaten Batu Bara namun mereka harus mengikuti regulasinya.

“Dalam waktu dekat ini mungkin juga besok dinas perhubungan sudah menyerahkan SK atau menunjuk orang yang mampu sebagai kordinator atau pun menjadi perpanjangan tangan untuk menertibkan seluruh kendaraan roda dua mau pun roda empat di pantai sejarah ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Saat ditanya radar-x.net, tentang dimana akan dijadikan lokasi lahan parkir mengingat di lokasi pantai banyak lahan masyarakat dan kawasan hutan mangrove, Jannes menyebutkan. “Karena ini sifatnya retribusi harus memang lahan itu adalah lahan pemerintah, yang nantinya akan di SK kan DPKAD sebagai aset pemkab Batu Bara dan kita juga sudah melakukan beberapa uji petik lahan yang disiapkan ini ada dua titik. Untuk itu lahan parkir itu diletakan pada tempatnya,” tegas Jonnis.

Baca Juga:  Budaya Peninggalan Nenek Moyang Tetap di Lestarikan Pemdes Tegal Taman

“Itulah yang nantinya kita SK kan sebagai titik parkir khusus, yang sifatnya nanti menjadi sebuah potensi retribusi sebagai pendapatan asli daerah yang membantu jalanya pembangunan kabupaten Batu Bara,” ungkapnya.

Selanjutnya terkait viral nya video adanya dugaan pungli pada minggu 20 Desember 2020, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batu Bara mengatakan, “hal yang terjadi di lokasi pariwisata di desa perupuk pantai sejarah, sebulan yang lalu sudah kami sosialisasikan agar seluruh masyarakat tidak ada dulu yang namanya mengutip uang parkir sebelum dinas perhubungan memberikan aturan main ataupun regulasi,” ujarnya.

Masih prihal di pantai sejarah pemuda setempat mengatakan, “kami tidak diperdayakan selama ini kami hanya jadi penonton bang,” ungkapnya singkat.

Sementara Azizi pengelola pantai menerangkan terkait pernyataan pemuda setempat kepada radar-x.net, “benar saat ini memang belum diperdayakan karena ini belum berjalan, kalau sudah selesai dan berjalan siapa lagi yang akan melakukan semua pekerjaan ini nanti kalau bukan pemuda tempatan,” ujarnya. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.