Masyarakat Petani Penggarap Hutan Gotong Royong Bangun Jembatan

0

Indramayu, radar-x.net – Masyarakat petani penggarap hutan desa Mekarwaru kecamatan Gantar bersama-sama gotong royong membangun jembatan sungai Cipapan Hilir Blok Cikandung Petak 33.Krph Bantarwaru BKPH Sanca, dengan biaya swadaya masyarakat dan bantuan dari Pemdes Mekarwaru. Senin(28/12/20).

Warkono selaku Kordinator kegiatan gotong royong pembuatan jembatan kepada radar-x mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena jembatan sebelumnya ambruk dan terputus karena banjir bandang akibat hujan deras. Mengingat jembatan ini merupakan akses satu-satunya untuk penyebrangan menuju ke lahan persawahan yang luasnya mencapai ratusan hektar, terlebih pada musim panen jembatan ini menjadi lebih berarti untuk mengangkut hasil Panen.

Warkono menjelaskan, walaupun masih menggunakan sepeda motor dan traktor belum bisa dilalui kendaraan roda empat, maka dari itu tidak bisa dibayangkan kalau jembatan ini menjelang musim panen belum dapat di bangun. Semua hasil tani tidak bisa terangkut maka roda perekonomian masyarakat terganggu.

“Kami mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah agar jembatan ini bisa di bangun secara permanen oleh Pemerintah baik pusat atau Pemerintah Daerah,” harap Warkono.

Baca Juga:  Bupati Salurkan 5 Sapi Qurban Pada Yayasan
Pembangunan jembatan sungai Cipapan Hilir, oleh masyarakat penggarap hutan. (Foto/Sur)

Ketua KTH Lestari Alam yang di dampingi Sekertaris LMDH Wana Baru, Suryana membenarkan, bahwa jembatan Cipapan Hilir keberadaannya sangat vital mengingat akses satu-satunya untuk kepentingan petani di kawasan Perhutani.

“Mengingat pentingnya jembatan tersebut, maka dalam hal ini pemerintah daerah (PUPR) agar mendapat perhatian dan merespon aspirasi dari petani sebagai pejuang pangan Nasional khususnya kabupaten Indramayu.” Tegas Suryana.

Sementara, Sadik selaku warga setempat menambahkan, kegiatan tersebut masyarakat sangat antusias dalam bergotong royong. Sepertinya ada motivasi sendiri dalam membangun jembatan ini, karena mengingat sangat pentingnya jembatan untuk kepentingan sehari-hari dalam bertani terlebih kalau musim panen nanti. (Sur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.