Kota Langsa Dikejutkan Gempa 4,9 Magnitudo

0

BANDA ACEH, radar-x.net – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang daerah Langsa, Kamis (3/12/2020) sekira pukul 10:51 WIB.

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa Gempa bumi ini terletak pada Koordinat 4,61 LU dan 97,82 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 Km BaratLaut Kota Langsa – Aceh pada kedalaman 8 km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro menyampaikan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, Gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar local yang berada di daerah Langsa. Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Langsa.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah.
“Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” kata Djati.

Gempa Bumi Susulan

Hingga pukul 12:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa ada 5 kejadian aktivitas gempabumi susulan (aftershock).
Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pintanya. (Muhammad)

Baca Juga:  Ketua JAMU NU Jember Menemukan Kejanggalan Pemasangan Atribut Paslon Cagub Nomor 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.