BUMDes Sapeken Terkesan Mati Suri

0

Madura, radar-x.net – Menteri desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar telah mengamanatkan penggunaan dana desa pada Tahun 2021 untuk difokuskan pada tiga prioritas.

Pasalnya, masih ada desa yang belum memahami penggunaan dana desa yang dimaksud, sehingga terkesan mengabaikan amanat tersebut seperti yang terjadi di desa Sapeken, kecamatan Sapeken, kabupaten Sumenep – Madura.

Berdasarkan dari penelusuran awak media radar-x di lapangan, pasca terpilihnya kepala desa Sapeken pada Tahun 2016, dibentuk dan ditetapkan BUMdes Sapeken Tahun 2017, namun dalam perkembangannya terindikasi tidak berjalan sebagaimana harapan masyarakat.

“Padahal adanya BUMdes sebagai wadah untuk mengembangkan usaha unit mikro di desa, bahkan nyaris tidak ada dampaknya kepada perekonomian masyarakat,” kata salah satu warga desa Sapeken kepada media radar-x. Minggu (27/12/2020).

Warga juga mengungkapkan, belakangan diketahui berdirinya BUMDes tersebut adalah hasil sokongan dari salah satu Anggota BPD Sapeken. Adapun bantuan dana dari desa untuk BUMdes Sapeken sebesar Rp180 Juta, dari anggaran Tahun 2018-2019 dengan unit usaha yang dijalankan merupakan simpan pinjam dan distribusi solar.

Baca Juga:  Kawal Asa Petani, PLT Bupati Indramayu Bersama FORKOPIMDA Blusukan di Tanggul Sungai

“Kita mengatahui ini dari BPD sebelumnya, bahwa BUMdes menerima Uang sebesar Rp180 Juta, dalam dua pencairan,” ungkap warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.