Rehab Gedung Perpustakaan SDN Mlokorejo 04 Puger Diduga Tidak Sesuai RAB

0
84

JEMBER, radar-x.net – Dari sekian banyak pembangunan proyek yang diperuntukan pada pembangunan gedung sekolah dasar dan gedung perpustakaan sekolah dasar negri di seluruh Kabupaten Jember yang dikemas dalam program DAK tahun anggaran 2020 ini, amat disayangkan tidak semua pelaksanaan pembangunan proyek yang dikerjakan itu, tidak semuanya dikerjakan dengan baik sesuai dengan petunjuk RAB dan speck proyeknya. 

Seperti yang terlihat pada gambar berita edisi kali ini adalah, pelaksanaan Pembangunan gedung perpustakaan SDN Mlokorejo 04 Kecamatan Puger Kabupaten Jember, yang diduga dikerjakan tidak sesuai dengan RAB proyeknya. Seperti penggunaan atap galvalum yang di RAB nya Berbunyi 1mm, namun untuk atap perpustakaan SDN Mlokorejo 04 Puger diduga menggunakan galvalum U 075-80. Apakah cara yang demikian ini dibenarkan?.

Saat temuan awak media tersebut dikonfirmasikan ke Sriyanti, S.Pd., kepala sekolah SDN Mlokorejo 04 di rumahnya menyampaikan, bahwa ia meminta bertemu di sekolah saja.

“Kita ketemu di sekolah saja,” ucap Sriyanti pada awak media. Senin, 16 November 2020.

Sriyanti, S.Pd., kepala sekolah SDN Mlokorejo 04 Puger Jember.

Namun berselang berapa hari awak media menghubungi Sriyanti S.Pd., kembali, malah menyampaikan pesan pada kakaknya yang bernama Agung. Kebetulan Agung adalah Kupt Pengairan Wilayah Balung sehingga saling mengenal dengan kita. 

Tak hanya sampai disitu saja, berdasarkan data yang dihimpun awak media terkait siapa distributor Galvalum perpustakaan SDN Mlokorejo 04 Kec Puger tersebut, didapati bahwa, distributornya adalah Jaka Mandiri.

Seketika itu juga, awak media mengkonfirmasi Jaka melalui selulernya dan menjawab, tidak semua Galvalum yang ia gunakan itu menggunakan ukuran yang sama tipisnya dengan Galvalum Kantor Kecamatan Jenggawah yang mengalami ambruk dan belum dibenahi hingga saat ini.

Herannya setelah beberapa hari awak media mengkonfirmasi Jaka distributor galvalum tersebut, ada seseorang yang mengaku bernama Heriyanto asal Tanggul mengajak bertemu dengan awak media secara khusus diluar keperluan membahas perihal galvalum yang awak media konfirmasi untuk kepentingan berita.

“Oleh karna kami bekerja ngetim dengan ketua dan anggota LSM Lembaga Pemerhati Anggaran (LPA) agar lebih dekat Si Heriyanto kita ajak ketemuan dikantor LSM – LPA di jalan madura timur. Namun hingga berita ini kita tayangkan, yang mengaku namanya Heriyanto asal Tanggul tersebut tidak muncul-muncul di kantor. 

Abd Azis Hs Ketua (LSM – LPA) menyampaikan dan berharap bagi pihak yang berwenang, BPK Kabupaten Jember, Badan Inspektorat kabupaten Jember tanggap dengan situasi sistem pelaksanaan program Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 sekarang ini, yang diduga fungsi FASILITATOR yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, diduga merangkap jabatannya sebagai perencana gambar, pengawas juga sebagai yang melaporkan selain tugas fungsi FASILITATOR adalah mengawal program dari mc 0 hingga fisik proyek tersebut mencapai100%.

“Yang menjadi pertanyaan kami adalah dimana letak profesionalitas pelaksanaan program DAK Kabupaten Jember Bila Proyeknya direncanakan oleh fasilitator RAB dibuat oleh Fasilitator dan diawasi oleh Fasilitator.” Ungkap Abd Azis, pada media. (Ltf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.