Profil Lengkap Mayjen Achmad Marzuki, Pangdam IM Yang Baru

1
419

Banda Aceh, radar-x.net – Tentara Nasional Indonesia dari Matra Angkatan Darat (TNI AD) kembali melakukan pergatian sejumlah perwira tinggi. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/911/XI/2020 yang sudah diterbitkan per 18 Nopember 2020.

Salah satu perwira tinggi yang diganti itu ialah, Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM). Pangdam IM dipercayakan kepada Mayjen TNI Achmad Marzuki yang sebelumnya menjabat Inspektorat Kostrad (Ir Kostrad).

Mayjen Achmad menggantikan Mayjen TNI Hassanudin yang menjabat Pangdam IM sejak 22 April 2020 lalu. Selanjutnya Mayjen TNI Hassanudin dipercayakan menjadi Pangdam Bukit Barisan (Pangdam BB).

Mayjen TNI Achmad Marzuki adalah seorang perwira tinggi TNI-AD lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 24 Februari 1967, memliki karir panjang di Kostrad.

Jabatan Ir Kostrad baru diembannya 3 bulan sejak Juli lalu. Ir Kostrad adalah struktur baru di tubuh TNI yang merupakan validasi organisasi. Sebelumnya Jenderal bintang dua TNI ini menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad di Gowa, Sulawesi Selatan.

Ternyata, waktu tiga bulan, sudah cukup waktunya menjadi orang nomor satu di Komando Iskandar Muda per 18 Nopember 2020.

Dalam karir meliter, lulusan Seskoad 2002 mengawali karir sebagai Danyonif 411/Pandawa pada 2004-2006. Selanjutnya pernah menjabat Asops Kasdam V/Brawijaya sejak 2010 hingga 2012.

Sempat ditarik menjadi Pamen Denma Mabesad selama setahun, kemudian dipercayakan menjadi Dirbinsen Pussenif Kodiklat TNI AD pada 2013. Di tahun itu juga, lulusan Diklapa II 1999 dipercayakan menjadi Asops Kostrad pada 2013-2014, dengan pangkat melati tiga di pundak.

Pada 2014-2015, Achmad yang saat itu berpangkat Kolonel Inf dipercayakan menjadi Danrem 151/Binaiya, Kodam Patimura. Dari Danrem, ia kembali ditarik ke Kostrad dan dipercayakan menjadi Danpusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD.

Bintang Satu

Jabatan Danpusdikif Pussenif juga tak lama diembannya. Pada 2016, karirnya terus melonjak setelah mendapat kepercayaan tugas di Papua menjadi Danrem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) yang berkedudukan di Merauke.

Korem 174/ATW adalah sebuah Komando Resor Militer Type A yang berada di bawah komando dari Kodam XVII/Cenderawasih. Danrem ATW berpangkat Jenderal Bintang Satu (Brigjen).

Dari Merauke, Achmad dipercaya menjadi Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), sejak 2016-2018.

PMPP TNI, merupaka satuan yang berada di bawah kendali Markas Besar TNI yang diperuntukan bagi calon Pasukan Perdamaian Indonesia atau lebih dikenal denga sebutan Kontingen Garuda yang akan bertugas ke luar negeri.

Bintang Dua

Sempat singgah sebentar sebagai tenaga pengajar Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas 2018. Ia ditugaskan menjadi Pangdivif 3/Kostrad selama dua tahun hingga 2020. Pada April 2020, Achmad berhak menyandang bintang dua TNI setelah dipercayakan menjadi Ir Kostrad.

Kini, Panglima TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali mempercayakan Mayjen Achmad Marzuki menjadi Panglima Kodam IM per 18 Nopember 2020. Selamat Bertugas Jenderal.
(Myr Pur Muhammad)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.