Munjung Dan Peletakan Batu Pertama Masjid At-taqwa

0
127

Indramayu, radar-x.net – Adat istiadat Munjung dan Peletakan batu pertama di desa Gadel Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, merupakan adat desa dari turun temurun, pada umumnya disetiap musim penghujan dan menjelang musim tanam padi seperti biasa menyelenggarakan adat juga diramaikan tontonan acara wayang kulit semalam suntuk dan Doa bersama.

Acara tersebut berlangsung di halaman kantor desa dan masjid desa Gadel juga di hibur acara wayang kulit Karya Budaya yang dihadiri oleh Muspika Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Tokoh Masyarakat, Kepala desa serta jajarannya. Rabu (18/11/20).

Tasma selaku Kepala desa mengatakan, Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT, dalam acara munjung dan peletakan batu pertama Masjid At-taqwa di desa kami berlangsung dengan baik dan lancar. Hingga berlangsungnya acara masyarakatpun berantusias meramaikan acara tersebut.

“Sebagai warga yang baik, senantiasa menghargai adat istiadat dan budaya serta akan tetap konsisten melestarikan adat budaya (Munjung) yang merupakan peninggalan nenek moyang kita terdahulu, dan kami berharap acara ini terus dijaga dan di lestarikan, karena sudah masuk program pemerintah, karena kebudayaan bukan hanya sebagai seni, akan tetapi termasuk Adat Istiadat.” Jelasnya

Kapolsek Tukdana AKP Sunardi S.H.,MH., menambahkan, sebelum Sertijab perpindahannya berpesan untuk masyarakat di wilayah hukumnya, Semoga kedepan bisa meneruskan acara adat istiadat juga bisa menjadi lebih makmur.

Subani selaku Tokoh Masyarakat mengatakan, “Tradisi Munjung merupakan acara Do’a bersama dan mengenang para leluhur yang telah wafat juga merupakan wujud syukur masyarakat desa Gadel kepada sang khaliq yang telah memberikan segala nikmat dan rejekinya serta sangat mengapresiasikan terhadap Kepala desa yang sangat peduli dengan adat istiadat Munjung di desa Gadel.” Pungkasnya. (Didi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.