Kebun Bibit Desa Kuning Abadi Tahun 2020 Target Capaian 80 Persen

0
70

Aceh Tenggara, radar-x.net – Kebun Bibit Desa (KBD), desa Kuning Abadi Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2020, dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Balai Pengelolaan Das dan Hutan Lindung Wampu Sel, akan disalurkan akhir Desember dan target capaian pembibitan 80 persen.

Dari penuturan Parizan Ketua Kelompok Mitra Alam desa Kuning Abadi pada radar-x.net, Senin (23/11/2020) di lokasi pembibitan mengatakan, Kebun Bibit Desa (KBD) dari Kementrian Lingkungan Hidub dan Kehutanan Balai Pengelolaan Das dan Hutan Lindung Wampu Sel, yang mana jenis bibit yang kita bibitkan sesuai dengan permintaan anggota kelompok Mitra Alam.

“Jenis bibit adalah, bibit manggis, asam gelugur, cempedak, durian, kerakah, kepundang, jengkol, pete, langsat dan melinjo, sifat penanaman bibit ini nantinya diupayakan untuk penghijauan dengan sistem tanam multi kultur atau tanam kebun campuran, pembibitan mulai dari kecambah ada juga cabutan ditanam dalam polibag dan ditungkup dengan menggunakan plastic, setelah akarnya berkembang tungkup dibuka, setelah bibit tersebut berumur empat bulan baru dibagikan pada anggota kelompok, pembagian bibit direncanakan pada akhir desember 2020,” jelasnya.

Baca Juga:  Warung Rakyat Menyediakan Menu Spesial Ayam Pelakor Dan Bakso Mangkok

Terkait bibit, lanjutnya, yang dibagikan pada anggota kelompok, tergantung minat anggota kelempok, dan calon lokasi penanaman bibit tersebut di kawasan konservasi, karena sudah disinergikan dengan pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL).

Parizan berharap, kedepannya pihak BBTNGL dan juga Perkopimda mempermudah akses serta membina kelompok Mitra Alam, sehingga kelompok Mitra Alam dapat mandiri. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.