Jazad Kiai Sampang Dikubur Tiga Tahun Lebih Masih Utuh Dan Tidak Busuk

0
251

SAMPANG, radar-x.net – Keluarga Kiai Sofyan Ahmad Baidowi merupakan warga Dusun Banbalang, desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang, Madura – Jawa Timur, yang sempat dikagetkan dengan Penemuan makam yang ambruk. Senin, 24/11/2020.

Berdasarkan pantauan awak media radar-x di lapangan, makam yang ambruk itu diketahui merupakan makam dari ayah Kiai Sofyan Ahmad Baidowi yaitu (KH. Ahmad Baidowi) yang telah wafat tiga tahun lebih.

Terjadinya makam yang ambruk itu, seiring dengan sering turunnya hujan di daerah sekitar sehingga mengakibatkan salah satu makam di dekat Masjid Darul Iman yang berada di Kampung Batu Olet desa setempat.

Hal yang menjadi perhatian warga setempat dan bisa dibilang aneh, Jazad kiai yang telah dikebumikan itu sudah tiga tahun tiga bulan, namun bentuk Jazad tersebut masih utuh. Hal ini dibenarkan oleh Kiai Sofyan Ahmad Baidowi Putra dari Alm. KH. Ahmad Baidowi.

Kiai Sofyan Ahmad Baidowi pengasuh Madrasah Dakwatut Tauhid kepada media mengatakan, bahwa saat itu sekitar jam 13:00 WIB pasca turun hujan, dirinya keluar dari masjid dan melihat kepemakaman ayahnya yang berada di samping selatan masjid, sontak Kiai Sofyan kaget sesaat makam ayahnya ambruk.

Baca Juga:  LSM KPK Nusantara dan RADAR-X DPC Sampang Gelar Bagi-bagi Takjil

“Kemudian Saya minta tolong pada warga setempat untuk membenarkan kembali makam yang ambruk dengan membongkarnya untuk diperbaiki kembali kuburan tersebut.” Kata Kiai Sofyan.

“Kemungkinan ini karena efek tanah yang longsor dibagian dindingnya atau penutupnya sudah rusak, sehingga tampak jelas kalau makam itu ambruk,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa Pihaknya langsung mengganti kain kafan dari Jazad tersebut yang dilakukan di dalam kuburan tanpa mengangkat mayat keatas kuburan.

Secara terpisah, Muhammad Da’i warga setempat yang juga merasa kaget atas kejadian tersebut menceritakan, bahwa KH. Achmad Baidowi merupakan Ulama Kharismatik, semasa hidupnya dikenal selalu mengajarkan dan mengajak kebaikan semasa hidupnya.

“Saya sangat terharu setelah melihat Jazadnya almarhum masih utuh bahkan tercium aroma wangi dari Jazadnya,” ungkapnya. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.