Banser Siap Bekerjasama Dengan Mapesa Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga

0
112

Sampang, radar-x.net – Sampah merupakan sesuatu yang tidak berguna dan harus dibuang karena sudah tidak berarti lagi, namun bila kita tau cara mengelolanya, sampah dapat dimanfaatkan untuk didaur ulang.

Dari pantauan awak media Radar-x dilapangan, Manajemen Pengelolaan Sampah (MAPESA) kabupeten Sampang mengajak bekerjasama dengan Bandan Ansor Serbaguna (BANSER) untuk menjaga lingkungan bersih dari sampah di setiap desa di kabupaten Sampang.

“Selain itu sampah juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat bila kita mampu memanfaatkannya kembali dengan dikumpulkannya sampah-sampah di tiap desa, dan Manajemen Pengelolaan Sampah (MAPESA) akan membelinya dengan harga yang lumayan menjanjikan per Kilo Gramnya.” Ungkap Amy laily. Jum’at (20/11/2020).

Wanita yang ahli dalam pengelolaan sampah itu juga mengungkapkan, bahwa masyarakat harus benar-benar jeli terhadap kasus limbah atau persampahan supaya lingkungan disekitarnya tidak terjadi pencemaran lingkungan yang hebat.

Dikatakannya, Limbah atau sampah rumah tangga saat ini banyak yang menumpuk hingga volumenya naik sampai ambang batas. Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah penduduk dan belum banyaknya penanganan limbah secara benar.

“Selama ini, sampah kurang mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah, dan terbukti dengan menumpuknya sampah di depo-depo sampah rumah tangga keadaan amat memprihatinkan, karena dengan penumpukkan sampah akan mengakibatkan penyakit dan polusi, dengan mnumpuknya sampah akan menimbulkan warga sekitar terancam wabah penyakit.” Terangnya.

Amy Layli menambahkan, seharusnya masalah sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat itu sendiri. Agar partisipasi masyarakat dapat terwujud secara nyata, maka perlu ada usaha yang dapat membangkitkan motivasi, kemampuan, kesempatan dan menggali serta mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) pada masyarakat, sehingga masyarakat bersedia berpartisipasi dalam pengelolaan sampah secara maksimal.

“Mengingat perilaku masyarakat sangat berpengaruh besar terhadap kebersihan, jadi masyarakat harus berperan aktif dalam pengelolaan sampah yang optimal, disini kami MAPESA ingin mengajak semua elemen untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

“Jadi kami InsyaAllah kedepannya akan membentuk kelompok disetiap desa di Kabupaten Sampang, agar memanfaatkan sampah sebagai peningkatan perekonomian di masyarakat. Kami sangat berterima kasih kepada BANSER yang mau bekerja sama dengan kita untuk sma-sama menjaga lingkungan dengan harapan bersih dari sampah,” harap Amy Layli.

Sementara Hendra selaku Satkoryon Banser Torjun, sangat mendukung penuh program MAPESA ini. Pihaknya dari Banser siap bersinergi bekerjasama sebagai bentuk sosial kemasyarakatan.

“Berangkat dari pemikiran-pemikiran tersebut, perlunya dilakukan penelitian guna mengetahui manfaat pengelolaan sampah sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat dengan mengambil study dari kasus pengelolaan sampah sebagai tambahan peningkatan ekonomi.” Ujarnya. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.