404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Dukung Pemberantasan Narkoba, Pj. Nizhamul Ikut Musnahkan 2 Kg Sabu

 

 

BATU BARA, RADAR -X.net – Guna mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Batu Bara, Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M., ikut memusnahkan barang bukti narkoba bersama Kapolres Batu Bara AKBP Taufik Hidayat Thayeb.

Pemusnahan barang bukti narkoba golongan 1 berupa sabu sebanyak 2 kg ini dipimpin oleh Kapolres Batu Bara AKBP Taufik Hidayat Thayeb dan turut disaksikan Kepala BNN yang berlangsung di Polres Batu Bara, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Selasa (19/03/2024).

Barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan Satres Narkoba Polres Batu Bara selama beberapa bulan terakhir.

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul berterimakasih dan mengapresiasi jajaran Polres Batu Bara yang telah menangkap para pelaku penyalahgunaan narkoba yang berada di Kabupaten Batu Bara.

“Kami pemerintah daerah mendukung yang dilakukan Kapolres Batu Bara dan jajaran. Nantinya kedepan akan berkolaborasi dengan Polres Batu Bara untuk membasmi narkoba dengan mengetes urin para ASN di lingkungan Pemkab Batu Bara,” Ucap Pj. Bupati Nizhamul.

“Hal ini dikhawatirkan ada ASN dan pejabat di lingkungan Pemkab Batu Bara menjadi pengguna narkoba,” lanjut Pj. Nizhamul.

Sementara itu Kapolres Batu Bara AKBP Taufik mengatakan bahwa pemusnahan barang bukti narkoba ini merupakan kerjasama untuk memberantas narkoba.

“Kita ingin Kabupaten Batu Bara bersih dari narkoba. Oleh karena itu kita bekerjasama dengan baik sehingga bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dalam pengungkapan narkoba. Karena ini penyakit dari semua kejahatan di Kabupaten Batu Bara,” ujar AKBP Taufik.

Selanjutnya AKBP Taufik mengajak semua pihak mengungkapkan penyalahgunaan narkoba untuk menyelamatkan masyarakat Kabupaten Batu Bara khususnya para anak-anak sebagai pemimpin masa depan Kabupaten Batu Bara.

Sah! Istana Niat Lima Laras Akan Ditetapkan Jadi Cagar Budaya

 

BATU BARA, RADAR-X net – Salah satu istana kerajaan melayu pesisir yang berada di Kabupaten Batu Bara yakni Istana Niat Lima Laras yang berlokasi di Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram akan ditetapkan sebagai bangunan dan situs cagar budaya di Kabupaten Batu Bara.

Hal itu dibahas saat silaturahmi Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M., bersama para Ahli Waris Kerajaan Istana Niat Lima Laras yakni Dato’ Muhammad Azminsyah, Dato’ Saifuddin, Dato’ Yuda Bakti dan lainnya. Kegiatan berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Minggu (17/03/2024).

Pada pertemuan itu dilakukan penandatanganan nota kesepakatan para Ahli Waris Kerajaan Istana Niat Lima Laras dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Batu Bara terhadap perencanaan dalam hal penataan Istana Niat Lima Laras tahun 2024.

Adapun penataan tersebut meliputi rencana pembebasan lahan dan aset bangunan dengan menggunakan mekanisme ganti untung. Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan Perundang-Undangan tentang tata cara pengadaan tanah untuk kepentingan umum.

Hal itu dimaksudkan untuk merevitalisasi bangunan Istana Niat Lima Laras yang sudah rusak dimakan usia dan pengembangan wisata budaya serta pelestarian situs cagar budaya agar budaya yang ada di Kabupaten Batu Bara tetap terjaga.

Zey

Cegah Hepatitis B, Karyawan RSUD dr. Iskak Di Vaksin

TULUNGAGUNG, RADAR-X.net – Resiko penularan penyakit infeksi pada orang dewasa menjadi ancaman seiring perkembangan pola penyakit, lingkungan, serta perilaku manusia. Karena itu pemeberian vaksin menjadi kebutuhan yang tak bisa ditawar.

Dalam upaya menekan penularan infeksi tersebut, RSUD dr. Iskak Tulungagung melakukan vaksinasi Hepatitis B kepada ratusan karyawan, Kamis (7/3/2024).

“Pemberian vaksinasi hepatitis B ini menyasar 347 karyawan dengan skala prioritas sesuai dengan area risiko,” ujar Muhammad Ali Ridho, A.Md.Kep, IPCN komite PPI RSUD dr. Iskak.

Pemberian vaksin Hepatitis B ini dilakukan beberapa kali, yakni bulan ke-0, bulan ke-1, dan bulan ke-6. Penyuntikan dilakukan pada otot lengan atas.

“Pemberian vaksinasi untuk bulan ke-1 akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri,” kata Ali.

Sebelum mendapatkan vaksinasi, karyawan melakukan skrinning HBsAg secara cepat. Apabila diperoleh hasil negatif maka akan diberikan vaksinasi hepatitis B.

Penggunaan vaksin pada orang dewasa ini didasarkan pada beberapa indikasi, yaitu riwayat paparan, risiko penularan, usia, status imun, pekerjaan, gaya hidup, atau rencana perjalanan ke tempat yang berisiko terjadinya penularan penyakit tertentu.

Vaksinasi hepatitis B merupakan injeksi berisi antigen virus yang dilemahkan untuk memacu tubuh untuk menghasilkan kekebalan secara aktif terhadap infeksi hepatitis B.

Vaksinasi hepatitis B pada petugas kesehatan sangat diperlukan sebagai perlindungan atas risiko penularan penyakit di rumah sakit.

(Tri)

Penjabat Bupati Didampingi Penjabat Sekda Bondowoso Resmikan Rumah Sakit Medika

Pj. Bupati Bondowoso Drs. Bambang Soekwanto M.M,

Pj. Bupati Bondowoso Drs. Bambang Soekwanto M.M,

BONDOWOSO, RADAR-X.net – Pj. Bupati Bondowoso Drs. Bambang Soekwanto M.M, membuka secara resmi Rumah Sakit Cahya Medika Jln. Raya Pakisaan, Kec. Tenggarang Kab. Bondowoso, Minggu, (17/03/2024).

“Ini merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya Kabupaten Bondowoso.

Dalam sambutannya Pj. Bupati mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak terkait telah turut serta memberikan dukungan dan kontribusi dalam pembangunan rumah sakit tersebut.

“Saya juga mengingatkan kepada seluruh Dokter, Tenaga Media dan Tenaga Keperawatan yang akan bertugas di Rumah Sakit Cahya Medika, untuk senantiasa menjunjung tinggi etika dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada pasien”, kata Pj.Bupati dalam sambutannya.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas rumah sakit dengan sebaik-baiknya, serta turut mendukung dalam menjaga kebersihan dan ketertiban rumah sakit.

“Saya berharap Rumah Sakit ini bukan sekadar tempat penyembuhan, tetapi juga menjadi tempat di mana kebersamaan, kepedulian, dan kasih sayang selalu hadir dalam setiap proses penyembuhan,” pungkas Pj. Bupati di akhir sambutannya.

Selain Itu Direktur RSCM Amanda menyampaikan, Rscm menyediakan pelayanan kesehatan berupa pelayanan IGD 24 jam kemudian klinik spesialis penyakit dalam, klinik spesialis anak, klinik spesialis kandungan dan kebidanan, klinik spesialis saraf klinik spesialis THT serta klinik spesialis bedah.

Selain itu RSCM juga ada pelayanan laboratorium 24 jam rawat inap kelas 1 2 3 VIP dan VVIP serta ruang bersalin dan ruang bayi untuk pelayanan BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Sementara ini masih belum bekerja sama karena untuk pelayanan BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan masih belum bekerja sama karena masih berproses namun, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Direktur RSCM Amanda.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso yang telah banyak membantu baik fasilitas perizinan operasional dan fasilitas perizinan lokasi Kemudian pada masyarakat sekitar rumah sakit dengan besar hati mendukung dan menerima kehadiran Rumah Sakit Cahya Medika Bondowoso.

“Saya ucapkan terima kasih juga kepada tenaga medis dokter perawat kemudian tenaga administrasi serta tenaga umum yang ada di rumah sakit Cahya Medika ini tanpa kontribusi dari beliau-beliau rumah sakit Cahya Medika Bondowoso juga mungkin tidak sesempurna.” pungkas Direktur RSCM.

Pembangunan Daerah Maju Sesuai Program

PURUK CAHU, RADAR-X.net- Pembangunan di Kabupaten Murung Raya, Kalimamtan Tengah ini selama kepemimpinan mantan Bupati Perdie M Yoseph dan Wakil Bupati Rejikinnor cukup baik sesuai dengan program prioritas yang dijalankan.

Hal tersebut diutarakan oleh anggota DPRD Kabupaten Murung Raya dari Fraksi Partai keadilan Sejahtera (PKS), Imanudin kepada wartawan, Jumat (15/3).

“Kemajuan pembangunan daerah selama mereka berdua kita akui sangat maju, baik bidang pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur jalan. Ditambah lagi, pendidikan Sarjana gratis setiap desa di 10 kecamatan masih berjalan,” kata Imanudin.

Tak hanya itu, kata legislator ini, Program Visi dan Misi PRO Perdie dan Rejikinoor pengadaan alat berat Boldozer dan Exsavator setiap kecamatan pun sudah terealisasi semua.

“Sebelum berakhir masa jabatan mantan Bupati dan Wakil Bupati di tahun 2023 yang lalu sudah selesai semua programnya,” jelas Imanudin.

Selain itu menurut politisi PKS ini juga menerangkan, selama kepemimpinan Pj Bupati Murung Raya Dr. Hermon banyak program prioritas di jalankan, seperti salah satu program ketahanan pangan murah, penurunan angka stunting termasuk peningkatan pendapatan daerah.

“Kami akui penjabat Pj Bupati saat ini sangat peduli dengan masyarakat, salah satunya juga kenaikan harga sembako segera diatasi. Artinya, Pj Bupati memperhatikan nasip rakyatnya,” pungkas Imanudin. (Hsd).

Reses DPRD Serap Aspirasi Warga, Johansyah : Usulan Warga Kami Perjuangkan

PURUK CAHU, RADAR-X.net – Anggota DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) Kalimantan Tengah dari Fraksi PPP Johansyah, S.E, melaksanakan reses perorangan masa sidang I tahun 2024 di Dapil 3.

“Kita kegiatan reses itu meliputi Desa Tumbang Olong 2, Batu Mirau, Tumbang Mulot, dan Tumbang Tuan,” ujar Johansyah, Selasa (12/3/2024) lalu.

Menurut wakil ketua komisi II DPRD Murung Raya ini saat melaksankan kegiatan reses perorangan di beberapa desa itu banyak usulan yang disampaikan oleh masyarakat kepada dirinya.

Politis PPP ini menuturkan, terdapat sejumlah skala prioritas diusulkan masyarakat seperti air bersih, infrastruktur jalan termasuk usulan, usulan lainya yang ditampung.

“Bebarapa poin usulan masyarakat ketika reses itu akan kami perjuangkan melalui proses yang sudah ada, dengan harapan di tanggapi pemerintah daerah nantinya,” kata Johansyah.

Ia mendorong agar keinginan DPRD dengan Pemkab Murung Raya dapat berjalan lancar seperti tahun sebelumnya.

“Kami mengharapkan usulan masyarakat tahun ini terakomodir seperti tahun yang lalu,” pungkas wakil ketua komisi II DPRD Mura ini. (Jno)

Pj. Bupati Nizhamul Hadiri Rakornas Otorita Ibu Kota Nusantara

 

 

JAKARTA, RADAR X.net – Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M., didampingi Asisten II dan Kadis PUTR menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Kegiatan ini berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski, West Mall Lantai 11, Grand Indonesia, Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta, Kamis (14/03/2024).

Rakornas yang beragendakan tentang pengenalan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai loncatan peradaban Indonesia dan potensi kerja sama OIKN dengan pemerintah daerah ini turut di hadiri seluruh kepala daerah tingkat provinsi.

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga melaporkan progres pembangunan IKN batch 1 telah tembus 77%.

Pembangunan IKN sendiri terbagi ke dalam dua batch. Batch 1 ialah paket pekerjaan yang terkontrol sebelum Maret 2023 sebanyak 40 paket senilai hampir Rp 25 triliun. Kemudian Batch 2 yaitu paket fisik kontrak setelah Maret 2023 sampai dengan akhir 2024 dengan progres sebesar 25%, terdiri atas 49 paket dengan nilai Rp 43 triliun.

“Batch 1 itu progresnya saat ini sudah 77%, ini memang yang utama. Siap dipakai upacara 17 Agustus 2024,” kata Danis.

Sementara itu, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyampaikan, tahun ini pihaknya akan melaksanakan fungsi penyelenggaraan pemerintah daerah khusus (pemdasus).

“Sehingga kami pada tahun ini akan menjadi pemdasus. Dan karena itu kami mohon dukungan dari kementerian lembaga serta pemerintah daerah untuk selalu bekerja sama dengan kami di Otorita IKN,” katanya.

Bambang mengatakan IKN diharapkan dapat menciptakan pengaruh yang luas menjadikan pertumbuhan ekonomi merata hingga luar Jawa. Dia juga menjelaskan pertumbuhan secara Indonesia-sentris merupakan langkah menuju Indonesia emas 2045.

(Zey)

Menkop UKM Akan Usulkan Rumah Produksi Bersama Komoditas Cabai Merah Batu Bara Diresmikan Presiden Jokowi

 

 

BATU BARA, RADAR X.net – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berencana mengusulkan peresmian Rumah Produksi Bersama Komoditas Cabai Merah dipusatkan di Kabupaten Batu Bara dan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal itu dikatakan Menteri Teten saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Batu Bara untuk melihat progres pembanguan Rumah Produksi Bersama Komoditas Cabai Merah yang berada di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (14/03/2024).

Kemenkop UKM pada saat ini membangun sebanyak 5 pabrik pengolahan cabai di Indonesia salah satunya berada di Kabupaten Batu Bara.
Menteri Teten berencana akan mengusulkan ke 5 pabrik yang dibangun tersebut diresmikan secara bersamaan dan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya berharap jika peresmian dipusatkan di Batu Bara maka Pemerintah Kabupaten Batu Bara harus benar-benar siap sebagai tempat pusat peresmian dengan membenahi infrastruktur maupun prasarana yang dibutuhkan menuju ke lokasi pabrik,” ungkap Menteri Teten.

Pada kunker itu, Menteri Teten menyambut gembira bahwa pembangunan pabrik sesuai dengan rencana dan dilakukan tepat waktu. Ia menyebut pembangunan pabrik pengolahan cabai akan membawa dampak yang sangat menguntungkan baik bagi petani maupun masyarakat yang terserap bekerja di pabrik.

“Pabrik ini juga akan menjamin stabilitas pasokan dan masyarakat tidak perlu cemas jika produksi banyak karena dapat diolah di pabrik sehingga harga tetap stabil,” jelas Teten.

Dalam kunker Menkop UKM Teten tersebut di hadiri oleh Sekretaris Daerah Norma Deli Siregar, Asisten III Renold Asmara dan Kadis UMKM Hakim.

(Zey)

Dua Korban Dinyatakan Hilang, Anggota Polsek Tamberu Terus Lakukan Pencarian

foto : Lokasi laka laut

Pamekasan, Radar x. net – Mendapatkan laporan adanya kejadian warga yang tenggelam saat mencari ikan ke tengah laut, anggota Polsek Tamberu gerak cepat datangi TKP laka laut dan lakukan pencarian korban bersama masyarakat.

Kasihumas Polres Pamekasan AKP Sri Sugiarto membenarkan adanya Laka Laut Perahu Tenggelam di wilayah Tamberu Kec. Batumarmar, Kab. Pamekasan.

Berdasarkan Keterangan dari korban yang selamat, bahwa pada hari Rabu tanggal 13 Maret 2024 sekira pukul 15.30 wib, Korban bersama rekan-rekanya berangkat untuk mencari ikan ke tengah laut.

Setelah menebar jaring sekitar pukul 22.30 wib, rekan korban Sdr. Hasin pemilik perahu berniat untuk kembali dan pada saat hampir di pinggir laut Sdr. Hasin mengarahkan perahunya ke arah timur yang pada saat itu ombak arah barat daya menghempaskan perahu yang di tumpangi 5 orang tersebut hingga terbalik.

“Korban selamat Pak Hasin sempat berteriak memanggil awaknya yang ikut melaut untuk meninggalkan perahu, namun hanya satu orang yang menjawab panggilannya yaitu korban selamat Pak Ian”, terang Kasihumas Polres Pamekasan.

Lanjut Kasihumas, dengan bantuan jerigen Pak Hasin dan Pak Ian mencari rekan-rekanya yang lainnya namun tidak diketemukan, akhirnya korban menepi.

Koban yang berhasil selamat/menepi 3 orang atas nama Pak Hasin (47), warga Desa Tamberu, Pak Mat Saleh (65) warga Desa. Batu Bintang dan Pak Lan (50) warga Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan.

Sedangkan korban yang belum ditemukan atas nama Pak Abduh (50) warga Desa Tamberu Barat, Kec. Sokobanah, Kab. Sampang dan H. Alwi (60) warga Desa Tlontorajah, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan.

Korban Pak Abduh dan H, Alwi dinyatakan hilang sampe sekarang belum di ketemukan.

“Sampai saat ini Polsek Tamberu masih melakukan pencarian serta berkoordinasi dengan Polairud Polres Pamekasan dan para nelayan setempat, apabila saat berlayar untuk tetap memperhatikan di sekitaran apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban supaya cepat memberikan informasi kepada tim SAR,” tutup AKP Sri Sugiarto.

(HR/Korwil Madura)

Kemeriahan Gelar Ruah Desa Kludan Dengan Gema Sholawat dan Pengajian

SIDOARJO, RADAR-X.net – Acara yang diadakan oleh Pemerintah Desa (PEMDes) Kludan Kec. Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur ini, begitu ramai dikunjungi, bahkan tidak sedikit masyarakat luar desa Kludan.

Sedangkan para tamu yang hadir terdiri dari Forkopimka Tanggulangin serta jajarannya, tak lupa dari tim pengamanan seperti Banser, Karang Taruna ikut berpartisipasi secara langsung untuk memperlancar jalanya acara rutinitas tahunan yakni Ruah Desa.

Sementara itu, pengisi acara sholawat dan pengajian tersebut, ada berbagai macam kegiatan yang di persembahkan untuk para warga desa Kludan seperti, Khatam Qur’an, pengajian anak, terbangan para pemuda Kludan, dan pastinya penyiar pengajian Dra, Hj, Ucik Nurul Hidayati MPD.

Dari keterangan kepala desa Kludan H. Imam Zainudin zuhri S.Sos, kepada media di lokasi lapangan mengatakan, awal mulai acara pengajian Pada Jum’at (08/03/2024) Pukul 20.05 WIB.

“Alhamdulillah acara yang kami selenggarakan dalam rangkan Sedekah Bumi atau Ruah Desa Kludan Kec. Tanggulangin berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kita semua, dalam kegiatan ini memang kebanyakan desa-desa lain khususnya di provinsi Jawa Timur adalah wayang kulit, namun tradisi kami adalah pengajian dalam setiap tahunya, meskipun berbeda cara untuk ruwat desa, namun insha Allah tujuan kami adalah sama, yaitu kesejahteraan, jauh dari bencana dan juga menjadikan kebersamaan yang harmonis, amin,” ungkap H. Imam Zainudin Zuhri.

Pihaknya, Pemerintah Desa (PEMDes) Kludan, akan memberikan pelayanan yang terbaik dan juga totalitas yang maksimal bagi masyarakatnya.

(Aris)