Sanksi Bagi Pelanggar Perbup No 53 th 2020, Ketua AKD: Perlu Kebijakan dan Pertimbangan

0
60

SAMPANG, radar-x.net – Ahmad Muhtadin Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang, Madura – Jawa Timur, sangat mendukung disosialisasikannya Peraturan Bupati (Perbup. nomor 53 tahun 2020) tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease tersebut 2019 di Kabupaten Sampang.

Hal tersebut merupakan salah satu cara dan upaya pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, sehingga dengan tegas pemerintah menerapkan peraturan tersebut sebagai efek jera dengan memberikan sangsi dan hukuman bagi mereka yang melanggar.

Berdasarkan pantauan awak media radar-x dilapangan, sangsi dan hukuman bagi mereka yang melanggar bervareatif mulai dari denda sosial, bersih-bersih, sampai dengan denda administrasi dan berikan surat teguran.

Menanggapi hal tersebut, Ahmad Muhtadin Ketua AKD Kabupaten Sampang sangat mendukung namun perlu dipertimbangkan.

Semisal, kata ketua AKD Kabupaten. Ada Masyarakat yang keluar rumah dan terjaring Operasi Yustisi Prokes, kemudian dikenakan sangsi dengan tegoran tertulis dan pemahaman itu sudah wajar sebagai pelajaran, jika dikenakan denda administrasi sampai Rp.100 ribu, itu perlu kebijakan.

“Kalau dendanya sampai Rp.100 ribu itu sangat memberatkan mas…!, tetapi kalau denda administrasinya Rp.10 ribu sampai Rp.20 ribu itu wajar dengan catatan harus disediai masker bagi pelanggar tersebut.” Katanya.

Lebih jauh, Pria nomor satu di desa Gunung Eleh Kedungdung ini mengungkapkan, bahwa warga desa Gunung Eleh sudah diberikan masker gratis di awal-awal gencarnya wabah Covid-19, namun ia akan menganggarkan kembali untuk sosialisasi masker.

Ketua AKD Sampang juga berharap supaya setiap orang yang sudah dikenakan denda administrasi harus diberikan masker, agar si pelanggar tidak kecewa dengan adanya denda administrasi tersebut, sehingga mereka merasa membeli masker. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.