Pembangunan P3A Desa Lelea Sesuai SPEK

0
36

INDRAMAYU, radar-x.net – Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) adalah wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan. P3A desa Lelea Kec. Lelea Kabupaten Indtamayu, telah dilaksanakan pada Senin (21/9/2020), dan mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 195 juta rupiah, untuk membuat saluran irigasi dengan volume panjang 296 kanan kiri jumlah, 592, meter, tinggi 0,75 M dan lebar Pondasi 0,40 M.

Saluran irigasi itu, menurut ketua Pelaksana P3A desa Lelea Arwadi akan berfungsi untuk mengairi lahan pertanian yang terdiri dari sawah.

“Saluran irigasi yang dibangun dilokasi D.I. Rentag, kontrak kerja selama 60 hari dengan melibatkan pekerja 16 orang, untuk tukang 6 orang kenek 10 orang,” terang Arwadi.

Pembangunan irigasi air yang dilaksanakan oleh P3A Ngarot Sejahtera, menurutnya kegiatan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan, karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan peningkatan hasil produksi pertanian.

“Sebaiknya memang ada pengawasan yang ekstra dari instansi terkait, bukan hanya konsultan. Sebab jika dibiarkan begitu saja, maka rentan akan terjadi kesalahan kontruksi atau pengalokasian pembiayaan, Intinya semua masyarakat Warga Negara Republik Indonesia berhak untuk ikut memantau pembangunan tersebut,” tegas Arwadi yang ditemani Sekertarisnya H. Usman.

Kuwu Lelea mengatakan, dimana kegiatan infrastruktur yang sudah dan tengah dijalankan itu terus berkomitmen dilaksanakan secara optimal dari kegiatan infrastruktur berbasis Masyarakat ini.

P3A sendiri adalah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).

Dalam program ini masyarakat dilibatkan melalui pembangunan irigasi kecil dengan melibatkan langsung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi, sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian dan untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran serta bangunan irigasi,” terang Raidi.

“Secara pribadi saya dan selaku Ketua P3A dan mewakili petani di desa Lelea, mengucapkan terima kasih telah menerima program P3A. Insya Alloh Kita kerjakan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Idi.S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.