Harga Tembakau Anjlok, Petani Di Sampang Kleppek-Kleppek

0
47

SAMPANG, radar-x.net – Warga Desa Gunung Maddah Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura – Jawa Timur, sangat kecewa dengan situasi harga tembakau yang sedang melanda para petani.

Anjloknya harga tembakau di pasaran mulai dari harga Rp. 12 ribu sampai Rp. 38 ribu per kilo gram, membuat para petani tembakau menjadi “kleppek-kleppek” bila dibandingkan dengan tenaga yang di forsir selama musim tembakau. Jum’at 10/09/2020.

Berdasarkan pantauan awak media radar-x dilapangan, para petani tembakau merasa kecewa sembari kleppek-kleppek setelah hasil panennya yang dibangga-banggakan diketahui harganya tidak sesuai harapan yaitu anjlok.

Menurut Sa’diyeh Petani Tembakau warga desa Gunung Maddah saat ditemui media radar-x dilokasi mengatakan, sangat kecewa dengan harga tembakau tahun ini.

“Aduuuhh…! Payah kalau harga tembakau seperti ini terus.” Ucap Bu Sa’diyah sambil tertunduk lesu.

“Ya sich…! gak apa-apa bagi mereka yang tembakaunya laku sampai harga Rp.38 ribu. Sedangkan tembakau saya hanya laku Rp.12 ribu, sedangkan biayanya cukup besar, bahkan kita kerja di sawah sampai lembur setiap malam,” ungkap Sa’diyah.

Hal senada dilontarkan oleh Sa’ema, Petani sekaligus pedagang tembakau yang biasa memborong tembakau yang masih ada di sawah.

Sa’ema berharap semoga pemerintah ikut andil dalam memperhatikan nasib petani dan pedagang tembakau di Sampang dan semoga ada kebijakan dari pemerintah dengan harga tembakau yang saat ini betul-betul memprihatinkan. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.