Program Saluran Irigasi (P3-GAI) desa Karang Sambung Berjalan Lancar

0
88

TASIKMALAYA, radar-x.net – Penyediaan air Irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air irigasi ini bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3-GAI).

Salah satunya kelompok tani tirta Karang Sambung berlokasi di Ciupih, desa Karang Sambung, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya telah mendapatkan gelontoran dana yang bersumber dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3-GAI) yang di ketuai oleh Johari.

Ketua Kelompok P3-GAI Johari menjelaskan, bahwa sebagai pengatur distribusi air dari saluran sekunder ke tersier dan saluran tingkat usaha tani harus memiliki kapasitas teknis pengaturan air, memahami kondisi saluran maupun bangunan pelengkapnya yang menjadi tanggung jawabnya.

“Untuk itu kemampuan teknis pengairan dan pemeliharaan infrastruktur menjadi keharusan,” ujarnya pada awak media radar-x.net. Senin (6/7/2020).

Johari menambahkan, P3-GAI sebagai pensuplai air harus memahami target-target produksi yang harus dicapai sehingga diperlukan pemahaman yang baik akan kebutuhan air bagi pertumbuhan tanaman dan majunya pertanian di wilayah ini.

Sementara, Kades Karang Sambung Asep Yono Prayoga saat dijumpai menyampaikan, dengan adanya program ini betul-betul sangat berterimakasih kepada pemerintah yang sudah menggelontorkan anggaran program ini melalui BBWS yang di salurkan melalui program P3-GAI yang dikelola melalui kelompok Tani.

“Kedepanya program P3-GAI ini sangat membantu dan menunjang pembangunan saluran irigasi di wilayah desa kami akan lebih giat ditingkatkan lagi, sebab sangat membantu kelancaran para petani, untuk mengairi areal persawahan yang ada di wilayah saluran irigasi,” ujarnya.

Asep juga menjelaskan, bahwa di wilayahnya tersebut belum tertata dengan baik, di karnakan masih banyak titik-titik saluran irigasi yang belum terbangun.

“Mudah-mudahan dengan adanya program P3-GAI, di tahun yang akan datang kelompok tani tirta Karang Sambung bisa mendapatkan program yang sama, yang dikelola langsung oleh kelompok Tani, yang ada di desa kami,” pungkasnya. (Tendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.