Musim Kemarau Panjang, Petani Di Sampang Banyak Memburu Bibit Tembakau

0
128

SAMPANG, radar-x.net – Melonjaknya harga bibit tembakau sudah mulai dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Sampang Jawa Timur. Dari naiknya harga bibit tembakau di pasaran membuat para petani tembakau membelinya secara bertahap. Kamis, 02/07/2020.

Pasalnya, dalam empat bulan terakhir ini cuaca di kabupaten Sampang tidak ada hujan yang cukup deras dan berterusan. Artinya, waktu yang amat tepat bagi para petani di kabupaten Sampang untuk melanjutkan ladangnya dalam membudidayakan bibit tembakau sebagai tanaman untuk musim kemarau tahun ini.

Ironisnya, harga bibit tembakau di kabupaten Sampang khususnya di daerah kecamatan Omben, tepatnya di pasar pulowijo Omben melonjak sampai 40% dari harga sebelumnya (dari harga Rp. 20 ribu per bungkus, menjadi Rp. 28 ribu).

Seperti yang dikatakan usman warga desa Karang Nangger Omben.

Karena penghasilannya dari mengelola tanah dan sawah, meskipun harga bibit tembakau mahal ia tetap membelinya.

“Semoga panen tembakau untuk tahun ini tidak rusak, sehingga harga tembakau dipasaran dan di gudang tetap maksimal,” ungkapnya Usman.

Baca Juga:  "Kampung Organik", Desa Jambewangi Mengalami Kemajuan di Bidang Pertanian

Hal senada disampaikan oleh Samu’i yang setiap tahun menanam tembakau. “Ya kalau harga tembakau tahun ini rusak dan ada permainan harga dari gudang, itu akan merugikan para petani tembakau,” ujarnya.

“Mengingat pakerjaan dalam merawat tanaman tembakau sangat berat, selain dijaga dan disiram setiap hari dua kali sehari, di kontrol juga siang dan malam,” tandas Samu’i. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.