Alami Gizi Buruk, Wardiyah Warga Kalimati Krasak Butuh Perhatian Pemerintah

0
81

INDRAMAYU, radar-x.net – Wardiyah (17) warga desa Kalimati Blok Perbatasan Krasak Rt.01 /Rw. 01 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, sudah bertahun-tahun hanya berbaring di atas kasur lusuh beralaskan tikar karena mengalami lumpuh.

Tidak hanya mengalami lumpuh, Wardiyah juga mengalami gizi buruk. Selain tidak bisa berjalan, kondisi tubuh Wardiyah sangat kurus hanya tulang berbalut kulit. Tulangnya tampak menonjol. Begitu pun tulang kaki dan tangan.

“Sejak kecil sudah diagnosa dokter Puskesmas alami gizi buruk hingga usia dewasa, dia mengerti kalau ada orang datang. Kami omong dia paham hanya dia tidak bisa bicara. Hanya tersenyum kecil atau tertawa,” kata Nisem ibunda Wardilah.

Nisem menambahkan, jika sudah masuk waktu makan siang, sengaja saya suapi seperti bayi untuk makan dengan sayur seadanya.

Dijelaskannya, bapak Wardiyah Carman hanya sebagai pekerja serabutan, dirinya tidak punya biaya untuk berobat untuk makan saja terkadang hanya mengandalkan dari tetangga.

“Kalau mau mandi dan WC baru saya gendong bawa keluar rumah,” ungkap Nisem.

Dengan penghasilan seadanya dari pekerja serabutan, ia tidak bisa memberikan asupan gizi yang cukup kepada Wardilah.

Meski demikian, ia berusaha untuk memberikan makanan yang bergizi walaupun dengan tempe seadanya. Keterbatasan dana tak menjadi halangan untuk rutin memberikan asupan makanan yang bergizi.

Melihat kondisi anaknya Nisem mengharapkan adanya bantuan pemerintah agar anaknya mendapatkan asupan gizi yang layak.

Sampai sekarang belum ada bantuan dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten. Nisem berharap semoga ada uluran dermawan yang membantu.

Nisem menambahkan, Wardiyah seharusnya dari dulu dibawa ke rumah sakit, namun karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan saya tidak dapat berbuat banyak.

Ia menjelaskan selama ini untuk kehidupan keluarganya hanya mengandalkan hasil bekerja kalau ada tetangga yang butuh tenaga, itupun tidak seberapa

Ia juga berharap pemerintah dapat memberikan perhatian kepada masyarakat miskin di daerahnya sehingga kejadian yang menimpa dirinya tidak terjadi kepada orang lain.

Kondisi Wardiyah sangat memprihatinkan, kondisi fisiknya semakin memburuk, bahkan berat tubuhnya tak seimbang dibanding seusianya. (Idi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.