Akhir Pekan, PLT Bupati Indramayu Habiskan Waktu Pantau Distribusi Air

0
58

INDRAMAYU, radar-x.net – Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat menghabiskan akhir pekan dengan memantau langsung kondisi pertanian dan pembagian irigasi yang melintas di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Indramayu. Sabtu pagi (04/07/2020).

Plt. Bupati Indramayu bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau langsung wilayah Kecamatan Kandanghaur, Bongas, Gabuswetan, Losarang, Terisi, dan Cikedung.

Dalam Kegiatan tersebut, Plt. Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat diawali pertemuan dengan Asisten Manajer Perum Jasa Tirta II, Budiana Sukardi yang membahas tentang distribusi air yang bersumber dari Bendung Salam Darma.

Dalam pertemuan itu, Plt. Bupati Indramayu meminta agar PJT II terus mempertahankan pasokan air yang dialirkan ke Kabupaten Indramayu dan segera merealisasikan pembongkaran bangunan liar yang menganggu distribusi air.

“Jika nanti debit air menurun, kita akan minta pasokan tambahan air agar pertanian di Indramayu bisa dijamin irigasinya dan target padi nasional yang diberikan kepada kita bisa terpenuhi,” kata Taufik.

Setelah melakukan pertemuan dengan PJT II, selanjutnya melakukan peninjauan ke Pintu Air Saluran Sekunder Plasa. Di lokasi ini mendapatkan saluran irigasi dalam keadaan kering dan menjadi ancaman bagi para petani yang ada di Kecamatan Terisi, Gabuswetan, Losarang, dan Kandanghaur. Bahkan, di lokasi ini orang nomor satu di Pemkab Indramayu langsung turun untuk melihat langsung pintu-pintu irigasi yang tidak terisi air.

Baca Juga:  Plt Bupati Indramayu Apresiasi Seniman Pantura

Selanjutnya, peninjauan irigasi dilanjutkan ke Saluran Induk Cipelang di Kecamatan Terisi. Di lokasi ini menjadi pintu irigasi pembagi yang cukup penting karena menjadi penentu untuk wilayah yang teraliri SI Cipelang.

Plt. Bupati Indramayu, Taufik Hidayat menjelaskan, wilayah hilir dari sistem irigasi mendapatkan perhatian serius dan harus mendapatkan perioritas pembagian air. Pasalnya, wilayah Kandanghaur, Losarang, dan Gabuwetan sudah mulai kesulitan air. Sementara wilayah yang ada di depan saluran Cipelang sampai saat ini dan beberapa hari ke depan masih cukup aman.

“Saya tegaskan pertanian di hulu saluran ini harus mendapatkan perioritas. Wilayah yang ada di depan masih cukup aman. Para petani juga harus disiplin dalam menggunakan air. TNI dan Polri tetap akan mengawasi pendistribusian air ini,” tegas Taufik.

Ketegasan Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat dalam mengatasi irigasi ini mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari para petani yang ada di tempat itu.

Dalam kegiatan itu turut hadir Kajari Indramayu Daouglas P. Nainggolan, Waka Polres Indramayu Kompol Nanang Suhendar, Kasdim 0616 Indramyu Mayor Inf. Ruhiyat, Plt. Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Suryono, Kadis Pertanian Takmid, dan beberapa orang camat. (Didi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.