Penutupan Puskesmas Karang Penang Menjadi Pertanyaan Warga

0
77

SAMPANG, radar-x.net – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Karang Penang Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Jawa Timur, di tutup untuk sementara waktu.

Pasalnya, dalam penutupan UPT Puskesmas Karang Penang tersebut, menjadi pertanyaan serius bagi masyarakat setempat. Karena, UPT Puskesmas Karang Penang merupakan satu-satunya jalur alternatif bagi masyarakat Karang Penang dan sekitarnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ironisnya, dalam penutupan UPT Puskesmas tersebut dinilai berbeda dengan penutupan empat UPT Puskesmas lainnya di Kabupaten Sampang, yang dipertanyakan masyarakat setempat. Minggu, 28/06/2020

Seperti yang dikatakan Holif Rosyid, salah satu tokoh pemuda karang penang, dirinya masih terus mempertanyakan atas penutupan UPT Puskesmas Karang Penang, karena sejak ditutupnya Puskesmas tersebut sampai saat masih belum jelas apa alasannya, kenapa sampai ditutup?.

“Yang saya sangat sesalkan dari pihak puskesmas, karena tidak ada keterangan dan kejelasan yang pasti,” Tanya Holif.

Holif berharap, supaya Dinas Kesehatan segera menyikapi masalah terkait ditutupnya pelayanan UPT Puskesmas Karang Penang.

“Kalau memang Pemerintah menutup UPT Puskesmas Karang Penang karena adanya Tenaga Kesehatan yang positif Covid-19, kenapa di banner pengumuman hanya tertulis (26 Juni sampai dengan 3 Juli) itu kan cuma satu minggu saja, kan aneh! Kesalnya.

“Masyarakat heran, jika dengan alasan ditutupnya Puskesmas karena Covid-19, kenapa ditutupnya cuma 7 hari saja. Sebenarnya kan harus 14 hari masa penutupan sementara itu, sesuai petunjuk protokol kesehatan,” tandas Holif.

Sementara Suhartono Kepala Puskesmas Karang Penang Sampang membenarkan atas penutupan Puskesmas tersebut, “ya betul mas…! UPT Puskesmas Karang Penang ditutup sejak hari Jum’at kemarin, kan sudah ada banner pemberitahuannya,” tuturnya.

Saat ditanya alasannya kenapa ditutup, pihaknya mengatakan karena ada 4 orang staf UPT Puskesmas Karang Penang yang terconfirm Covid-19.

“Soal penutupan UPT Puskesmas tersebut, kami menjalankan petunjuk dari Dinas Kesehatan, dan suratnya penutupannya sudah keluar tapi masih ada Dinas Kesehatan karena sekarang hari libur,” pungkas Suhartono. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.