Pemuda Karang Taruna Batu Emas Bantu Warga Yang Memiliki Keterbatasan Fisik Dalam Mencairkan BST

0
132

SAMPANG, radar-x.net – Pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di desa Tobai Barat Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang Jawa Timur, tersalurkan dengan lancar dan tanpa adanya hambatan dalam proses pencairannya. Hanya saja ada sebagian warga yang tidak bisa mengambilnya sendiri ada bantuan tersebut yang dikarenakan kondisi fisiknya tidak memungkin (Faktor Kesehatan). Kamis, 04/06/2020.

Hasil pantauan awak media radar-x di lapangan ada beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di desa Tabai Barat tidak bisa memenuhi undangan dari kantor pos atas pencairan Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah (BST). Seperti Ibu ST yang terkendala dengan faktor kesehatannya sehingga dengan secara otomatis proses pencairannya atas nama KPM tersebut untuk sementara tidak dilanjutkan. Namun itu semua bukanlah suatu masalah bagi Ibu yang tercatat tidak mampu itu karena ada tim Satgas Covid-19 desa Tobai Barat Kecamatan Sokobanah, yang siap membantu warganya yang terdampak Corona Virus Desease 2019.

Menanggapi adanya warga yang terkendala dengan kesehatannya itu sehingga tidak bisa mengambil haknya dikantor pos setempat. Pemuda Karang Taruna Batu Mas yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 desa Tobai Barat Kecamatan Sokobanah yang selalu siaga dalam membantu warganya dalam segala bentuk kebutuhannya, termasuk dalam membantu proses pencairan bantuan dan diantaranya pada masyarakat / pemiliknya.

Ibu Sati (70) salah satu warga setempat yang tidak bisa datang Ke kantor pos untuk pencairan BST miliknya harus terwakili. Sesaat tim Satgas Covid-19 tiba di kediamannya guna mengantarkan bantuan tersebut, Ibu Sati terharu dan mengatakan, “mator sakalangkong nak…! Samoge’eh bento’ennah sampean e belesseh sareng pangeran, manabih tadek sampean panikah keuleh tak olle napah nak..! Red. Madura (Terima kasih nak…! Semoga perjuangan sampean dinalas oleh tuhan, mungkin kalau tidak ada kalian saya tidak dapat apa-apa),” ucap Ibu Sati dengan kental dengan logat maduranya.

Sementara Syamsul Arifin ketua Karang taruna desa sekaligus ketua Satgas Covid-19 desa Tobai Barat mengatakan, “ya mas…! Kami bersama teman-teman terus mengawal proses pencairan segala bentuk bantuan apapun, baik itu PKH, BPNT, BLT, BST dan segala bantuan jenis apapun lainnya.

“Untuk KPM yang satu ini jenis bantuannya harus Kami bantu mulai dari proses pencairannya di kantor pos setempat dan juga harus kami antarkan sampai ke rumahnya,” jelas Syamsul.

“Selain Kami sebagai penggerak Organisasi Kesosialan (Karang Taruna) karena ini juga merupakan salah satu kewajiban Kami sebagai Satgas Covid-19 di Desa Tobai Barat Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang Jawa Timur.” Imbuh Syamsul.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Tobai Barat Edy Sukamto (Kamsito) bahwa selama ini Pemuda Karang Taruna Desa dan Tim Satgas Covid-19 selalu bekerjasama dan menggelar kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat pasca pandemi Covid-19 dan kegiatan positif sebelum wabah Covid-19 melanda negeri ini.

“Kami bersama Pemuda Karang Taruna dan Satgas desa terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap warga Kami. apalagi di saat yang seperti ini.” Tutup Sukamto. (MK/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.