Kodim 0825/BWI Sosialisasi Persiapan Menuju Era New Normal

0
71

BANYUWANGI, radar-x.net – Menuju era “New Normal” Kodim Banyuwangi/0825 melalui Babinsa desa Pondok Nongko melaksanakan Sosialisasi bertempat di Aula Pendopo desa kepada seluruh Ketua RT/RW serta jamaah tahlil Yasinan ataupun tempat pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Sabtu (06/04/2020).

Perlu diketahui publik, bahwa New Normal adalah adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 atau virus Corona.

Sosialisasi New Normal yang dilaksanakan oleh Kodim 0825/Banyuwangi melalui Babinsa ini sangat penting karena masih banyak warga Banyuwangi yang belum mengerti akan bahaya virus Covid-19 atau virus Corona.

Dalam sosialisasi tersebut, dihadiri Kades Pondok Nongko Handupam Ramahurmudzi, Babinsa desa Pondoknongkon Serda Ahmad Fauzi, Serma Abdillah Hasani, Serka Mudjiono, Babinkamtikmas Brigadir Angga, Ketua BPD, serta Wakil Ketua LKMD, Karang Taruna, Ibu PKK serta Pemuda-pemuda desa.

Tugas dan kewajiban Babinsa selaku Aparat petugas Posko Covid-19 di desa akan tetap menjalankan tugas sesuai koridor dan aturan yang berlaku namun berbalut kebijakan new normal yang ada disertai pedoman protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Sosialisasi dan edukasi perihal normal akan terus dilakukan oleh Babinsa secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Hal ini sebagai wujud dukungan Babinsa terhadap program pemerintah dan sekaligus mengajak kepada semua warga desa binaannya untuk bersama-sama menyadari bahwa setiap komponen bangsa harus tetap menjalankan perannya di tengah pandemi yang ada. Baik dalam sektor perekonomian industri pangan maupun komponen lainnya guna mendukung pemerintah dalam menjaga daya dan fungsi untuk menyelamatkan kehidupan warga desa.

Babinsa Kabat Serma Abdillah Hasani menyampaikan kepada warganya, hal-hal yang harus dilakukan saat kita menjalani new normal yaitu tetap melakukan physical distancing terutama di tempat-tempat ramai membiasakan cuci tangan setiap habis menyentuh sesuatu dan jangan hanya saat tangan terlihat kotor dan selalu menggunakan masker.

“Tidak hanya saat sakit atau beraktivitas di tengah polusi, masker harus tetap dipakai bahkan saat berolahraga di gym atau studio Yoga, wajib membawa hand sanitizer terutama jika naik kendaraan umum sehingga bisa langsung mencuci tangan sesaat setelah menyentuh sesuatu,” ujar Abdilah.

“Membatasi aktivitas di luar rumah, meski publik sudah mulai buka setidaknya langsung membeli bahan kebutuhan sekaligus untuk jangka waktu 1 minggu atau 1 bulan jika memungkinkan, sehingga tidak perlu keluar rumah”. Tambahnya.

Serma Abdilah juga menyampaikan, bagi seluruh masyarakat menghindari keramaian dan lebih berhati-hati jika berpergian terutama bagi warga yang sudah lansia, karena virus Corona itu menyerang siapa pun dan tetap jaga jarak dan kebersihan sehari-hari.

Serda Ahmad Fauzi selaku Babinsa desa Pondok Nongko Kecamatan Kabat juga menghimbau kepada semua warganya agar tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun telah memasuki era new normal.

Babinsa juga menyarankan kepada warga Pondok Nongko, apabila ke masjid ataupun tempat ibadah agar membawa alas lantai untuk perlengkapan ibadah, untuk sementara waktu tidak berjabatan tangan, langsung pulang ke rumah setelah melaksanakan ibadah.

“Apabila warga sedang berpergian atau keluar rumah wajib menggunakan masker, sarung tangan, hand sanitizer, peralatan makan serta membawa minum sendiri agar lebih terjaga,” imbuhnya.

Ditempat berbeda Kepala desa Pondok Nongko Handupan mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota TNI Kodim 0825/Banyuwangi terutama para Babinsa yang telah rela men sosialisasikan dan imbauan kepada masyarakat yang berada di pelosok desa yang belum mengerti apa itu new normal. (Dafid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.