Program Gasibu Pemdes Cempeh Bagikan 500 Nasi Kotak dan Paket Sembako Bagi Warga Terdampak

0
21

INDRAMAYU, radar-x.net – Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) dalam rangka Bantuan Sosial (Bansos) kemasyarakatan telah berlangsung sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Indramayu. Sedikitnya 500 nasi bungkus dibagikan setiap hari, dana program tersebut murni dana pribadi juga berasal dari swadaya masyarakat setempat.

Kuwu Cempeh Carkana mengatakan, pihaknya mendirikan dapur umum untuk mendukung Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) di tiap kecamatan dapat memudahkan penyaluran nasi bungkus sesuai wilayahnya.

Gasibu merupakan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh bantuan pemerintah dan memastikan tidak ada warga yang tidak beruntung di tengah pandemi COVID-19.

Pendirian dapur umum sejak dibelakukannya PSBB di Kabupaten Indramayu, pemerintah desa Cempeh dalam giat pembagian nasi kotak pihaknya telah membagikan paket sembako.

Ketua PKK desa Cempeh Sunengsih mengatakan, hal ini bertujuan memastikan semua masyarakat di desa Cempeh dapat memenuhi kebutuhan pokok di tengah pandemi COVID-19. Gerakan Nasi Bungkus itu akan dilakukan pelaksanaan Gasibu Keliling.

“Harapan saya, ini untuk meringakan beban masyarakat terkait dengan kondisi krisis pangan untuk kepala keluarga (yang terdampak COVID-19),” ujar Sunengsih.

“Pandemi ini efeknya luar biasa, dampaknya termasuk terhadap ekonomi. Untuk itu, saya berharap mudah-mudahan seluruh warga masyarakat bisa turut serta terlibat, mengambil bagian, menjadi solusi, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Mereka yang memiliki kelebihan dari sisi rezeki, mari kita bantu saudara-saudara kita yang lain yang mungkin sangat membutuhkan,” terangnya. (Idi.s.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.