Kerugian Pasca Banjir Bandang Dan Longsor Kecamatan Kebayakan dan Bebesan Ditaksir Miliaran Rupiah

0
63

ACEH TENGAH, radar-x.net – Kerugian akibat banjir bandang kawasaan Kecamatan Kebayakan dan Bebesen Takengon Aceh Tengah taksiran miliaran rupiah. Pasca prosesi banjir bandang yang menerjang kawasan Paya Tumpi Kecamatan Kebayakan dan Dailing Bebesen Takengon Aceh Tengah terkait perkembangan dari ekses bencana alam banjir bandang Selasa kemarin.

Menurut informasi dari Hilinawati dan pihak Tagana Kamis (14/5) pukul 6.00 WIB menyebutkan, Daerah Titik Lokasi Bencana adalah Kampung Paya Tumpi Baru dan Paya Tumpi Induk, Kec. Kebayakan Kab. Aceh Tengah, Kampung Daling Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah (Jalan Desa Terimbun Material Lumpur) namun tidak terdampak pada permukiman Warga.

Sementara Daerah lokasi yang terdampak warga dalam Kecamatan Kebanyakan adalah Kampung Paya Tumpi Kampung Pinangan dan Kampung Gunung Balohen.Terkait Korban akibat ekses dari banjir dan longsor kirban meninggal tidak ada namun korban Luka 5 Orang dengan identitasnya Al-Furqan Fahrezi (2) warga Kp. Paya Tumpi Baru Kec. Kebayakan, Nurul Adiya (21) Mahasiswa alamat Kp. Paya Tumpi Induk Kec. Kebayakan, Tuniati (60) warga Paya Tumpi Baru Kec. Kebayakan, Wiwin (18) Pelajar warga, Uti (40) IRT alamat Kp. Paya Tumpi Baru Kec. Kebayakan dan semua korban korban di rawat intensif di RSUD Datu Beru Takengon.

Baca Juga:  JAMANTRA Asal Indramayu Serahkan Bantuan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda Banten

Dari hasil data sementara kerusakan materil rumah yang rusak berat 31 Unit yakni 10 Unit di Kp. Paya Tumpi Baru dan 21 Unit Kec. Kebayakan Rusak Sedang 26 Unit yakni 19 Unit di Kp. Paya Tumpi Baru 7 Unit di Kp. Paya Tumpi Induk. Kerusakan Kendaraan berupa Mobil 3 Unit Rusak Berat dan Sepmor 1 Unit juga rusak berat. Perkebunan masyarakat terutama Kebun Kopi dan Palawija luas lahan belum terinventarisir.

Sementara warga mengungsi ke pengungsian SDN 3 Kebayakan dengan rincian dari Kp. Paya Tumpi Induk dan Baru 10 Kepala Keluarga dengan jumlah 33 Jiwa. Yang mengungsi ke tempat keluarga 15 Kepala Keluarga, dengan jumlah 56 Jiwa warga Kp. Paya Tumpi Induk dan Baru.

Sementara situasi saat ini hujan sudah berhenti serta material lumpur ada yang sudah dibersihkan dan tengah dibersihkan. Dibeberapa akses jalan Takengon-Bireuen sudah dibuka dan normal namun masih licin.

Dilaporkan Jalan Perkampungan Kp. Daling Kec. Bebesen tertimbun material lumpur akan tetapi tidak ditutup dan masih bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun empat.Sementara itu, anggota Tagana Aulia menyebut, sejumlah personal TNI/Brimob Tenaga medis dan relawan masih tetap bersiaga.

Baca Juga:  Bedah Rumah Implementasi Sociopreneur SMKN 3 Bondowoso

Disebutkan, posko bersama sudah didirikan untuk tempat pengungsian dan dapur umum oleh Tagana Dinas Sosial Aceh Tengah di lokasi SDN 3 Kebayakan Kp. Paya Tumpi Induk Kec. Kebayakan. Dan bantuan tanggap darurat Dinsos Kab. Aceh Tengah telah disalurkan dan alat berat telah di standby kan di lokasi.

Menurut Aulia dan Hilinawati proses evakuasi dan pembersihan material banjir bandang mulai dilakukan oleh pihak BPBD Aceh Tengah, dibantu Personel TNI/Polri. (Myr Pur Muhd))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.