Banjir Rob di Eretan Wetan, Ratusan Keluarga Mengungsi

0
176

INDRAMAYU, radar-x.net – Puluhan kepala keluarga di wilayah pesisir Eretan kabupaten Indramayu, Jawa Barat terpaksa mengungsi setelah rumah mereka dihantam banjir rob, Rabu, 20 Mei 2020.

“Kurang lebih 1000 rumah masyarakat Eretan Wetan mengungsi akibat banjir rob,” kata Kuwu Eretan Wetan H. Edi Supriyadi.

Ia mengatakan, banjir rob baru terjadi pada Rabu (20/5/2020) petang. Ombak besar terus terjadi hingga malam hari ini, sampai menyapu beberapa rumah yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Menurutnya, diperkirakan ketinggian air antara 30 hingga 80 cm, ratusan kepala keluarga di desa eretan wetan terpaksa mengungsi setelah rumahnya dihantam banjir rob tersebut. Mereka ada yang mengungsi ke rumah saudaranya, dan ada pula yang hingga kini masih bingung mencari tempat pengungsian dan sebagian mengungsi di kantor desa.

“Ya, kami prihatin dengan adanya bencana ini, apalagi beberapa hari lagi lebaran,” tuturnya.

Ancaman akibat meluapnya air pasang atau banjir rob di sepanjang kawasan Pantura Laut Jawa memang semakin nyata. Banjir rob telah menggerus pantai, bahkan beberapa desa yang kena abrasi desa Eretan wetan dan desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur.

Sekitar seribu keluarga di wilayah pesisir pantai eretan wetan mengungsi akibat bencana banjir air laut atau rob. Kerusakan atau kerugian belum ditaksir utamanya adalah penyelamatan jiwa.

Peristiwa adanya banjir rob kuwu Eretan wetan menyambangi masyarakat ditempat pengungsian sambil membawa bantuan makanan kepada warga yang terkena banjir rob
ditempat pengungsian Kejadian luar biasa adanya ombak besar yang menghantam rumah warga.

Dengan adanya kejadian gelombang tinggi air laut yang menghantam rumah warga, Kuwu mengatakan agar masyarakat sabar dan tabah dalam menerima musibah ini.

“Saya turut merasakan duka atas kejadian yang menimpa warga kami saat ini, khususnya yang berada di pesisir pantai, saya berharap kepada warga agar sabar dan tabah dalam menerima musibah ini, karena ini adalah bencana alam yang murni karena Allah, dan kita saat ini khususnya sedang dalam ujiannya melalui musibah banjir rob dari gelombang tinggi ini,” ungkapnya. (Idi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.