4 Orang Pasien Covid-19 Di Sampang Dinyatakan Sembuh

0
128

SAMPANG, radar-x.net – Beredarnya rumur akhir-akhir ini di jejaring sosial tentang “INDONESIA TERSERAH” tidak menjadikan surut semangat para tim medis (Nakes) kita, dalam menangani pencegahan sebaran wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) demi membantu Pemerintah dan Masyarakat dari serangan Virus yang mendunia ini.

Terbukti sejak awal datangnya kasus Covid-19 di Indonesia sampai saat ini para relawan kesehatan yang tergabung dalam Satgas Covid-19, termasuk Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang Jawa Timur, terus dan selalu memberikan yang terbaik bagi pasien yang ditanganinya baik itu (ODP) ataupun (PDP), dan terbukti untuk kabupaten Sampang hingga hari ini ada 4 Pasien positif covid-19 dinyatakan telah sembuh.

Seperti dilansir Lingkar Jatim tentang pernyataan Tim Satgas Kabupaten Sampang pada hari Selasa tanggal 26 Mei 2020. Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sampang dalam update terbarunya tentang informasi perkembangan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten menyatakan empat orang pasien Corona Virus Desease 2019 dinyatakan sembuh.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas H. Djuwardi didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi, Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaidi, Direktur RS dr. Mohammad Zyn Sampang Titin Hamidah. Selasa, 26/05/2020.

Baca Juga:  Darwati Resmikan Kantor DWP Aceh

Pihaknya menjelaskan bahwa, sampai saat ini tercatat Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 468 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 17 pasien dan warga yang confirm corona sebanyak 16 orang.

“Untuk PDP yang selesai diawasi 3 orang dan meninggal sebanyak 2 orang, sedangkan dari jumlah 16 orang yang terconfirm sebanyak 4 orang pasien dinyatakan sembuh, sisanya sedang diproses oleh petugas medis,” katanya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa dari pasien yang terconfirm tersebut ada sebanyak 4 orang yang dinyatakan sembuh berdasarkan SWAB yang diambil dua kali hasilnya negatif. Adapun pasien yang telah dinyatakan sembuh diantaranya pasien pertama inisial A (27) asal Kecamatan Sampang Kota, kemudian pasien ke 9 inisial B (34), pasien ke 10 inisial S (36) dan pasien ke 11 inisial S (44) asal Kecamatan Camplong.

“Lebih dari separuh merupakan klaster pasar, sisanya ada dari klaster Santos, Rumah Sakit dan Dokter di Bangkalan,” imbuhnya.

Selain itu, faktor utama proses penanganan sebaran virus corona di Kabupaten Sampang tidak lepas dari tingkat kedisiplinan masyarakat untuk mengikuti semua imbauan dari pemerintah dan anjuran tim medis.

Baca Juga:  Apresiasi Positif Masyarakat Dalam Menerima Bantuan Dari Kepala Desa

Pihaknya juga meminta agar masyarakat juga ikut andil dalam proses penanganan sebaran tersebut dengan mengikuti semua anjuran sesuai protokoler kesehatan, salah satunya yakni menjaga kesehatan tubuh mulai dari mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan pelindung diri terutama masker.

“Pusat sebaran virus corona ini terjadi karena adanya interaksi, sehingga masyarakat kami harap bisa memberlakukan sosial distancing dan physical distancing,” harapnya.

Hingga berita ini kami turunkan, agar Masyarakat jangan terpicu dengan kabar-kabar yang tidak jelas sumbernya. Dan selanjutnya diharap agar Masyarakat tetap tenang dan jangan panik, untuk sementara hindari kerumunan massa serta ikuti himbauan pemerintah. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.